Menyembah dalam roh dan kebenaran

Menyembah dalam roh dan kebenaran

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:19-24

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Malam itu, sebuah perusahaan multinasional mengadakan gathering tahunan untuk para pejabat dari semua cabang. Satu per satu pejabat tinggi menyampaikan pidato berisi sanjungan dan harapan bagi perusahaan dan pemiliknya. Pak Reza pun tak lupa menekankan kesetiaannya pada perusahaan selama dua puluh tahun masa kerjanya. Setelah acara usai, pemilik perusahaan mengundangnya untuk berbincang sejenak. Ia menyangka sang pemilik ingin memberikan apresiasi lebih untuk kinerjanya. Namun, betapa terkejutnya ia ketika sang pimpinan menyodorkan bukti-bukti penggelapan dan penyalahgunaan kekuasaan yang ia lakukan selama ini. Dengan ekspresi penuh kesabaran, sang pimpinan berkata, “Pak Reza, semua sanjungan Anda malam ini menyakiti hati saya. Bagaimana Anda bisa menyatakan kesetiaan saat Anda melanggar peraturan perusahaan? Namun saya masih akan memberikan kesempatan. Anda bisa memilih untuk mengembalikan semua keuntungan yang Anda dapatkan secara illegal dan mulai bekerja dengan benar, atau mengundurkan diri dengan hormat.”

Bukan hanya perusahaan yang memiliki aturan, setiap badan dan komunitas di dunia ini memiliki peraturannya sendiri-sendiri. Allah pun telah menetapkan aturan hidup dalam kesepuluh perintah-Nya. Perintah-perintah yang dipahat-Nya pada loh-loh batu dan kemudian diletakkan di dalam tabut perjanjian yang melambangkan diri-Nya sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa Dia adalah Allah yang penuh kebenaran dan kekudusan.

Saat kita datang ke Pondok Daud dan menyembah-Nya, kita pun harus terlebih dahulu memastikan posisi kita benar di hadapan-Nya. Jangan sampai mulut kita dipenuhi pujian kepada-Nya, tetapi hati kita disesaki berbagai niat tidak benar; dan saat Dia melihat hidup kita, dia mendapati perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan apa yang telah Dia perintahkan. Kalau kita sungguh mengasihi, menghormati, dan mengagunggkan Tuhan, tentu kita pun akan menghargai setiap perkataan-Nya dengan hidup kita. Benar, jadikanlah hidup kita sebagai persembahan yang harum, baru kemudian penyembahan kita bisa menjadi berarti di mata-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
Saat kita MENYEMBAH YESUS di Pondok Daud, menyembahlah dalam ROH dan KEBENARAN serta KEKUDUSAN.

APLIKASI
1. Apa yang dimaksud dengan menyembah dalam Roh dan kebenaran serta kekudusan?
2. Mengapa saat Anda menyembah Yesus, Anda tidak bisa hanya menyembah dengan bibir Anda?
3. Bagaimana Anda dapat menyembah dalam Roh dan kebenaran serta kekudusan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, Engkaulah Allah yang kudus dan benar. Tidak ada seorang pun yang dapat melihat-Mu tanpa kekudusan. Ajari kami dan bangkitkan kami untuk dapat bangkit menjadi pahlawan-pahlawan-Mu yang mau membayar harga dan hidupnya mengejar kekudusan. Agar kami dapat menjadi berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.