Tabut perjanjian yang baru

Tabut perjanjian yang baru

BACAAN HARI INI
Ibrani 9:1-15

RHEMA HARI INI
Ibrani 9:15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.

Sejak kecil, Deni tidak pernah bertemu dengan ayahnya. Saat ia masih SD, sang ayah pergi bekerja ke luar negeri sebagai TKI. Selama bertahun-tahun, keluarga Deni hanya bisa berhubungan dengan sang ayah melalui surat dan sesekali dengan telepon. Setiap kali mereka merindukan sang ayah, mereka hanya bisa memandangi foto yang diambil sebelum ia berangkat ke luar negeri. Namun, ketika akhirnya kontrak kerja sang ayah berakhir, dan ia sudah pulang kembali ke rumah, baik Deni maupun ibu serta saudara-saudaranya bisa bertemu dengan sang ayah kapan saja. Mereka tidak lagi membutuhkan selembar foto untuk mengobati rasa rindu mereka.

Sebuah gambaran dan pribadi yang sebenarnya. Simbol dan wujud nyata. Tabut perjanjian yang kita ketahui lewat kitab Perjanjian Lama pun sebenarnya hanyalah sebuah simbol. Nubuatan atas pribadi Yesus Kristus yang datang ke dunia ini dua ribu tahun yang lalu. Pada masa Perjanjian Lama, tabut ini berfungsi sebagai tanda perjanjian bahwa Allah akan selalu hadir di tengah-tengah umat-Nya dan menyertai serta memberkati mereka. Perjanjian ini pun disahkan dengan darah yang dipersembahkan imam besar setahun sekali. Namun, sejak Yesus mati sebagai korban yang kudus dengan mencurahkan darah-Nya di atas kayu salib, perjanjian yang baru pun disahkan.

Sejak itu, Yesuslah yang mengambil alih peranan sebagai “Tabut Perjanjian” yang mengantarai kita dengan Allah Bapa. Seperti tabut perjanjian lama yang ditempatkan di pusat Bait Suci Allah, kita pun perlu menempatkan pribadi Yesus sebagai pusat dari Pondok Daud. Sebagai ganti korban curahan darah, naikkanlah korban doa, pujian, dan penyembahan dengan penuh keyakinan kepada Yesus. Sebab Dialah Penjamin yang mendamaikan hubungan kita dengan Allah. Sehingga saat Tuhan berkenan dan bertakhta di atas pujian penyembahan kita bersama, Dia akan melawat setiap kita dan membawa sorga-Nya turun ke bumi ini. (MV.L)

RENUNGAN
Tabut perjanjian yang lama sudah lenyap, tetapi TABUT PERJANJIAN YANG BARU sudah datang ke dunia dalam wujud manusia, yaitu YESUS KRISTUS.

APLIKASI
1. Mengapa Yesus adalah “Tabut Perjanjian” yang baru? Apakah dampaknya bagi kehidupan Anda?
2. Apakah makna doa, pujian, dan penyembahan yang Anda naikkan dalam Pondok Daud?
3. Bagaimana seharusnya sikap hati Anda saat Anda mengambil bagian dalam Pondok Daud?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau telah berkorban bagi kami. Kini kami mau datang ke hadapan-Mu, bukan untuk meminta sesuatu dari-Mu. Namun untuk menaikkan hati kami sebagai korban yang menyenangkan hati-Mu. Karena kami tahu, ya Tuhan, kami tidak perlu kuatir atas hidup kami ketika kami mencari Kerajaan-Mu terlebih dahulu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.