Dilayakkan untuk menerima kasih Allah

Dilayakkan untuk menerima kasih Allah

BACAAN HARI INI
Roma 5:1-9

RHEMA HARI INI
Roma 5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

Han Soo begitu bangga dengan kakaknya. Kakaknya gadis tercantik dan termurni hatinya di kota kecil tempat mereka tinggal. Namun, bertahun-tahun kemudian, saat mereka sudah tinggal di Seoul, sang kakak mengungkapkan rahasia terbesarnya. Ternyata, beberapa tahun yang lalu kakaknya hamil di luar nikah. Ia menutupi kehamilannya dan menyembunyikan keberadaan anak itu. Dengan sangat menyesal, sang kakak berkata, “Kamu pasti kecewa pada Kakak. Maaf karena menyembunyikan kebenarannya.” Ya, dunia Han Soo memang terjungkir balik. Namun, dengan lembut ia membalas, “Kakak masih tidak memahamiku? Aku tidak akan pernah kecewa padamu, tidak peduli apa pun yang Kakak lakukan.” Demikianlah sepotong adegan dari drama Korea “That Sun in the Sky”.

Perkataan Han Soo tersebut menyiratkan bahwa kasihnya kepada sang kakak lebih besar dari apa pun juga. Meskipun ia kecewa atau marah kepada kakaknya, tetapi rasa sayangnya mengalahkan semua perasaan-perasaan lainnya. Memang ia bangga dengan semua kelebihan sang kakak, tetapi kenyataannya, ia mengasihi kakaknya apa adanya.

Melebihi kasih antar saudara, melampaui kasih sayang orangtua kepada anaknya, dan jauh melewati cinta antara pasangan teromantis, Tuhan mengasihi kita lebih dalam lagi. Tidak ada kesalahan besar seperti apa pun juga yang tidak sanggup diatasi Tuhan. Bahkan Dia mengetahui kesalahan-kesalahan kita jauh sebelum kita melakukan semua itu. Namun, tak sedetik pun Tuhan meninggalkan kita. Dalam masa-masa terkelam kita, saat dosa kita terlampau hitam, Tuhan tetap memilih untuk mengasihi kita. Itu sebabnya, Tuhan menyerahkan nyawa-Nya di kayu salib untuk menghapus dosa-dosa kita dan memberikan pengampunan-Nya yang tak terbatas. Oleh sebab itu, dalam saat teduh pribadi kita, sewaktu ibadah, maupun di Pondok Daud, datanglah kepada Tuhan dengan penuh keyakinan. Lemparkanlah diri kita ke dalam kasih kemurahan-Nya. Ya, kita tak perlu menjadi sempurna terlebih dahulu untuk mengalami kasih-Nya lebih dalam lagi. (MV.L)

RENUNGAN
Sekalipun kita TIDAK LAYAK menerima kasih Allah, Allah TETAP MENGASIHI kita.

APLIKASI
1. Apa sajakah yang membuat Anda merasa tidak layak di hadapan Allah?
2. Mengapa semua itu tidak seharusnya menghalangi Anda untuk datang kepada Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat meneguhkan hati Anda untuk menerima kasih Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami mengucap syukur atas kasih-Mu yang besar atas kami. Terima kasih karena Engkau telah melayakkan kami di hadapan-Mu, sekalipun kami tidak layak menerima-Nya. Kami mau, ya Tuhan, untuk mengalami kasih-Mu lebih dalam lagi di hidup kami, agar kami pun dapat menceritakannya kepada orang-orang di sekitar kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.