Perbedaan kasih Allah dengan kasih manusia

Perbedaan kasih Allah dengan kasih manusia

BACAAN HARI INI
Efesus 3:16-21

RHEMA HARI INI
Efesus 3:18-19a Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan.

Seseorang yang Anda kasihi datang kepada Anda dan meminta sedikit pinjaman uang. Pasti Anda akan meminjaminya dengan senang hati. Akan tetapi, sekarang coba bayangkan, orang yang sama ini terus datang kepada Anda. Ia minta dipinjami uang lagi, sedikit makanan, pakaian, pinjam mobil, tempat tinggal, dan berbagai perkakas kebutuhan yang lain. Walaupun Anda sungguh mengasihinya, Anda pasti mulai merasa bahwa ada sesuatu yang salah. Itulah kasih manusia.

Apakah kita pernah membandingkan dengan kasih Tuhan? Kita orang yang dikasihi-Nya, dan Tuhan tentu adalah Pribadi yang kepada-Nya kita datang meminta pertolongan. Bukan seminggu sekali kita datang dengan keluhan dan permintaan tolong. Namun dalam sehari, kita bisa datang kepada-Nya tiga sampai empat kali. Bahkan, sangat mungkin kita memohon tanpa kenal lelah, dengan daftar permintaan yang sangat panjang. Belum lagi di saat kita berbuat salah. Menurut Anda, bagaimana Tuhan bersikap? Dia Allah yang setia dan adil, tetapi Dia juga adalah Allah yang mengasihi secara mendalam. Tuhan dengan senang hati menolong dan memenuhi segala keperluan dan kebutuhan kita. Dia mengampuni setiap kesalahan dan dosa kita. Bahkan dengan darah-Nya yang mahal, Yesus sudah menebus kita dari hukuman maut dan membawa kita pada keselamatan yang kekal. Kasih-Nya tak terbatas, ya, itulah kasih Allah kita.

Kepada manusia yang terbatas yang mengasihi kita saja, kita berusaha membalas budi, seharusnya terlebih lagi kepada Allah. Sudah selayaknya kita datang pada-Nya bukan lagi karena mengejar berkat dan mujizat-Nya, melainkan belajar mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati serta mentaati setiap perintah serta ketetapan-Nya. Sudah sewajarnya kalau kita memuji dan menyembah dengan kerinduan untuk menyenangkan Hati-Nya. Tuhan bukan hanya mengampuni dosa-dosa kita, atau melempar jauh pelanggaran-pelanggaran kita, bahkan Dia akan memulihkan hidup kita, memberkati kita dengan berlimpah-limpah, dan kita akan mengalami Allah lebih dalam lagi. Amin.

RENUNGAN
PERBEDAAN paling mendasar antara KASIH ALLAH dengan KASIH MANUSIA adalah kasih manusia SANGAT TERBATAS, tetapi kasih Allah TANPA BATAS.

APLIKASI
1. Apa sajakah bentuk kasih Allah kepada Anda selama ini?
2. Menurut Anda, mengapa Allah dapat mengasihi Anda tanpa batas?
3. Bagaimana Anda dapat membalas kasih-Ny yang mendalam kepada Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kasih-Mu sungguh besar dan dalam atas hidup kami. Tak terukur dan tak terbayangkan. Kami tahu, seumur hidup kami, tak mungkin kami dapat membalas kasih-Mu sepenuhnya. Namun kami ingin melakukan apa yang kami bisa untuk menyenangkan-Mu. Biarlah kasih kami kepada-Mu bisa semakin diperbesar dari hari ke hari. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.