Terang yang melenyapkan kegelapan hidup

Terang yang melenyapkan kegelapan hidup

BACAAN HARI INI
Yesaya 9:1-6

RHEMA HARI INI
Yesaya 9:1 Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Dedi tidak bisa melihat secercah pun harapan. Rasanya ia sedang berada dalam kegelapan yang paling pekat dalam hidupnya. Sudah hampir setahun semenjak perusahaan tempatnya bekerja selama sepuluh tahun bangkrut. Sementara itu, Dedi kalah bersaing dengan anak-anak muda yang lebih fasih teknologi. Padahal, selain biaya hidup keluarga sehari-hari, ia masih harus membayar cicilan rumah dan kuliah anaknya. Bukan hanya tabungannya yang menipis, hutang kartu kreditnya pun membengkak. Kepada sahabatnya ia berkata, “Rasanya seperti dikubur hidup-hidup. Aku tidak bisa keluar, hanya menanti kematian datang.” Tanggapan tak terduga datang dari sahabatnya, “Kamu tahu, di dalam kandungan juga gelap gulita.”

Kata “kegelapan” pada Yesaya 9:1 dalam bahasa Ibraninya adalah “CHOSEK”, yang artinya: kegelapan, penderitaan, kehancuran, kematian, ketidaktahuan, kesedihan, kejahatan, atau ketidakjelasan. Ini gambaran kehidupan yang secara manusia sudah mustahil untuk dipulihkan. Namun firman Tuhan berkata bahwa keadaan ini tidak akan bertahan selamanya-lamanya (Yes. 8:23).

Ya, kegelapan pekat mungkin meliputi kehidupan kita. Namun, itu bukan berarti kita sedang berada dalam “kuburan”. Tuhan mengizinkan kegelapan itu menghampiri kita karena Dia ingin menggunakannya sebagai “rahim” untuk memproses kita. Pada masa-masa itu pulalah, janji-Nya bagi hidup kita dikandung. Seperti bayi yang tidak mungkin selamanya berada dalam kandungan, waktunya akan tiba saat janji-Nya harus lahir ke dunia. Saat itulah, kegelapan dalam segala aspek hidup kita akan dipenuhi cahaya terang benderang. Perubahan dahsyat akan terjadi. Waktunya akan tiba bagi terang yang besar itu bersinar dalam hidup kita, sehingga hidup kita bisa menjadi kesaksian yang nyata. Ikuti proses Tuhan, maka janji-Nya tak akan gugur dalam hidup kita. Mau selama apa pun gelap itu menguasai hidup kita, tetapi jika terang itu sudah datang, kegelapan pasti sirna dan kemuliaan Tuhan bercahaya. Malah, melalui kegelapan hidup itu, Tuhan akan membawa kita untuk mengalami-Nya dan mengenal-Nya lebih lagi.

RENUNGAN
Ketika TERANG TUHAN bersinar atas hidup kita, segala KEGELAPAN dalam hidup kita pun SIRNA.

APLIKASI
1. Pergumulan dalam hal apakah yang sedang Anda alami hari ini? Sebutkan dan mulai nubuatkan terang Tuhan atasnya.
2. Mengapa penting bagi kita untuk menantikan terang Tuhan bersinar atas hidup kita?
3. Bagaimana Anda dapat menantikan terang Tuhan bersinar atas hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami bersyukur Engkau sudah rela turun ke dunia untuk menebus segala dosa dan pelanggaran kami, sehingga kami boleh melihat terang-Mu hadir dalam setiap aspek kehidupan kami. Terus urapi kami, agar dapat lebih lagi mengalami terang-Mu dan juga menjadi terang bagi sekeliling kami. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.