Mengalami terang Tuhan

Mengalami terang Tuhan

BACAAN HARI INI
Yohanes 12:44-50

RHEMA HARI INI
Yohanes 12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Setiap sore, biasanya David bermain ke luar rumah bersama teman-temannya. Namun, kali ini ia tidak bisa bermain karena hujan tidak berhenti mengguyur sejak siang. Hatinya semakin kecut karena listrik di kompleks perumahan mati. Lilin yang sejak tadi berbinar menerangi sudut rumah tidak mampu mengobati kegalauannya. Sampai akhirnya, byar! Lampu-lampu di rumah kembali hidup. David bersorak. Kegalauannya sirna. Ia kini bisa melihat dengan jelas, dan menyadari bahwa ada banyak hal menyenangkan yang bisa dikerjakan di rumah.

Berada dalam kegelapan memang tidak menyenangkan. Kita patut mensyukuri, yang pertama kali Tuhan ciptakan untuk dunia ini adalah terang. Sejak awal, Tuhan ingin memberikan terang dalam hidup kita, sebab terang itu merupakan sumber kehidupan. Ketika akhirnya manusia jatuh dalam kegelapan dosa, Tuhan pun ingin menyelamatkannya dari kegelapan (ay.46). Tuhan ingin terang-Nya berada dalam hati kita, supaya terang itu menuntun langkah kita menuju kepada hidup yang kekal. Hidup kekal merupakan suatu kualitas hidup yang kita terima ketika kita percaya kepada Kristus, sehingga kita bisa mengenal Allah dalam pengetahuan dan persekutuan yang makin bertambah dengan Bapa, Anak, dan Roh Kudus. (Yoh. 17).

Mungkin ada di antara kita yang sudah puluhan tahun merayakan Natal, tetapi sebenarnya hidupnya masih berada dalam kegelapan. Jangan biarkan hal itu terus terjadi. Pastikan Natal tahun ini kita sungguh-sungguh mengalami terang Natal. Ketahuilah, Tuhan sedang mengetuk pintu hati Anda. Tuhan berharap Anda membukanya, sehingga Dia bisa masuk dan lahir di hati Anda. Yakinlah, ketika Yesus lahir dalam hati Anda, maka terang itu akan mulai muncul dalam hidup Anda. Kelahiran Yesus yang membawa terang dalam hidup Anda akan menjadi titik awal perubahan dalam hidup Anda. Mari buka pintu hati dan terima Yesus hari ini, alamilah Tuhan lebih dalam lagi dalam hidup Anda.

RENUNGAN
Jika kita ingin MENGALAMI TERANG TUHAN, pastikan Yesus lahir di HATI KITA dan segala ASPEK HIDUP kita.

APLIKASI
1. Bagaimanakah kondisi hati Anda saat ini, apakah penuh sukacita damai sejahtera? Ataukah sedang berada dalam tekanan kondisi yang tidak menyenangkan?
2. Mengapa Anda perlu mengalami terang Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat memastikan Yesus lahir dalam hati Anda dan juga segala aspek hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mohon kepada-Mu untuk berkenan masuk dalam hati kami. Lahirlah dalam hati kami, supaya terang-Mu berkuasa atas diri kami. Kami percaya bahwa terang-Mu adalah satu-satunya petunjuk dan pedoman bagi kami yang akan membawa kami dalam kehidupan kekal penuh damai sejahtera bersama-Mu. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.