Tuhan adalah kebenaran

Tuhan adalah kebenaran

 

BACAAN HARI INI
Yohanes 14:1-14

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:6a Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.

Kita semua pasti lebih menyukai tempat yang terang daripada tempat yang gelap. Rasanya sangat tidak menyenangkan berada di tempat yang gelap. Kegelapan bisa mendatangkan ketakutan dan kekhawatiran. Pada saat suasana menjadi gelap kita akan segera berusaha mendapatkan terang. Misalnya, ketika menjelang malam kita akan segera menyalakan lampu rumah. Ketika listrik di rumah tiba-tiba mati kita akan segera menyalakan lampu darurat. Ketika kita berkendara pun kita akan menyalakan lampu mobil untuk menerangi jalan yang kita tempuh. Semua yang kita lakukan itu adalah usaha kita untuk mendapatkan terang dan melepaskan kita dari kegelapan. Sadarkah kita bahwa lampu-lampu itu hanyalah seperangkat alat yang harus berfungsi normal agar mampu menghasilkan terang, dan yang kita butuhkan sesungguhnya adalah terang.

Seperti halnya ilustrasi di atas, Yohanes 14 ayat 6 berbicara kepada kita bahwa Yesus adalah jalan dan kebenaran dan hidup. Ayat tersebut menjelaskan bahwa Yesus bukan hanya menunjukkan jalan, bukan hanya melakukan kebenaran, dan bukan hanya memberikan hidup, tetapi Dia sendiri adalah jalan, Dia adalah kebenaran itu, dan Dia adalah sumber hidup. Karena itulah semua yang difirmankanNya selalu mendatangkan solusi dan jawaban. Ia setia dan semua yang difirmankanNya adalah “ya” dan “amin” dan pasti digenapiNya. Ia adalah terang dan harapan sehingga siapapun yang mendapatkanNya akan beroleh kehidupan.

Malam ini adalah malam pertama kita memasuki tahun yang baru. Pastilah ada banyak harapan yang kita rindukan akan terjadi di tahun yang baru ini. Di tahun yang lalu mungkin kita mengalami masalah dan pergumulan yang berat, mungkin ada banyak tangisan yang tercurah karena banyak tekanan dan beban yang kita tanggung. Tetapi malam ini ada pengiburan bagi kita Anak Tuhan. Berbahagialah kita karena kita mengenal Tuhan yang adalah kebenaran. Kita mampu mengenalNya karena Roh Kudus menyertai kita dan ada di dalam kita (Yohanes 14:17). Alamilah Tuhan lebih dalam dengan terus tekun setia mengimani janji dan kesetiaaNya. Ingatlah bahwa semua permasalahan, pergumulan, kesesakan, dan penderitaan sudah diselesaikanNya di kayu salib, sehingga apapun beban permasalahan dan pergumulan yang sedang dan akan kita alami pasti selalu ada jawaban dan solusinya. Ia adalah Allah yang pasti dan selalu menepati janjiNya, kebenaranNya menjamin kemenangan, kemerdekaan, dan keselamatan kita.

RENUNGAN
Tuhan bukan hanya MELAKUKAN hal yang benar, tetapi Dia sendirilah KEBENARAN.

APLIKASI
1. Tuliskanlah semua pergumulan dan permasalahan yang Saudara alami!
2. Lakukan doa profetik atas semua pergumulan dan permasalahan Saudara!
3. Bertekunlah dalam hadirat Tuhan, teruslah melayani Tuhan, kasihilah semua orang, dan bersaksilah kepada semua orang tentang kebaikan Tuhan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau mengizinkan kami untuk mengalami kebenaran yang sejati yakni mengenalMu secara pribadi. Kami percaya bahwa Engkau sudah melepaskan kami dari belenggu dosa dan semua akibat dosa telah Engkau patahkan melalui karya penyelamatanMu di kayu salib. Kami percaya bahwa kami adalah pahlawanMu yang memiliki kuasa untuk selalu membawa kemenangan demi kemuliaan NamaMu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.