Sukacita dalam menabur dan menuai

Sukacita dalam menabur dan menuai

BACAAN HARI INI
Mazmur 126:1-6

RHEMA HARI INI
Mazmur 126:5-6 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.

Dua bulan lagi Mama Rika akan berulang tahun dan Rika ingin sekali memberi sesuatu untuk mamanya. Rika pun mulai menabung uang jajannya. Ia sengaja membawa bekal dan air minum dari rumah. Sebenarnya bukan hal yang mudah bagi Rika untuk menahan keinginan membeli makanan kesukaannya di kantin sekolah. Tak jarang ia menelan ludah dan hampir menyerah melihat teman-temannya menikmati jajanan, tetapi keinginan Rika untuk memberi sesuatu untuk Mama yang sangat disayanginya membuatnya teguh kembali. Akhirnya ia bermain dan bercanda dengan teman-temannya untuk melewatkan jam istirahat. Uang sakunya utuh dan bisa ditabungnya.

Benar saja, ketika menerima hadiah dari Rika di hari ulang tahunnya, Mama terlihat begitu senang. Matanya berkaca-kaca dan senyum Mama begitu semringah membuat hati Rika berbunga-bunga. Segala jerih payahnya menahan lapar dan keinginan selama dua bulan seakan tak ada artinya melihat mamanya yang begitu bahagia.

Ya, walaupun apa yang diberikan Rika bukanlah sesuatu yang mahal harganya, tetapi hati Mama Rika begitu tersentuh dan terharu melihat cinta sang anak kepadanya. Yang dengan penuh kerelaan dan sukacita berusaha memberi sesuatu untuk menyenangkan hatinya. Begitu pun dengan Bapa kita di sorga. Bapa tahu keadaan kita, kesusahan dan jerih payah kita. Dia tidak melihat seberapa banyak yang kita berikan, tetapi Bapa melihat hati kita yang dengan tulus dan bersukacita saat berusaha memberikan yang terbaik dari yang kita punya. Fokuslah kepada apa yang akan kita tuai, bukan pada keadaan saat kita menabur. Jika mata kita tertuju pada hati Bapa yang akan disenangkan melihat kita ingin membalas kebaikan-Nya dan memberi sesuatu yang berguna bagi pekerjaan Bapa, kita pun bisa menabur dengan penuh sukacita. Setiap pemberian yang kita beri dengan hati yang sukacita akan mendatangkan perlindungan dan tuntunan Ilahi. Taburan kita membuka jalan bagi Tuhan untuk menggenapi rencana-Nya mendatangkan tuaian berkat dan mujizat keuangan yang besar dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN
Jika kita ingin menjadi PENABUR YANG PENUH DENGAN SUKACITA, fokuslah kepada SUKACITA MENUAI.

APLIKASI
1. Bagaimana sikap hati Anda selama ini dalam hal menabur?
2. Hal apa yang sering kali memberatkan Anda untuk menabur?
3. Tuaian apa yang Anda harapkan ketika menabur?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa di surga, kami mau mengucap syukur atas segala yang telah Kau berikan pada kami. Apa yang kami punya semuanya berasal dari-Mu dan semuanya milik-Mu Bapa. Baik hidup kami ataupun apa yang kami miliki saat ini, kami mau persembahkan dengan hati yang bersyukur untuk pekerjaan-Mu di atas bumi ini. Kami ingin menjadi saluran berkat-Mu bagi sesama dan menjadi alat yang berguna untuk kerajaan-Mu. Terima kasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.