Pemberian yang tidak masuk akal

Pemberian yang tidak masuk akal

BACAAN HARI INI
1 Korintus 2:1-16

RHEMA HARI INI
1 Korintus 2:9 Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.”

Antony merupakan pekerja paruh waktu yang berpenghasilan pas-pasan. Ia bekerja sebagai pembuat adonan di sebuah toko roti di kotanya. Ia adalah sosok yang jujur, pekerja keras, dan beriman besar. Selain itu, ia juga dikenal baik hati. Setiap hari ia membagikan roti kepada tetangga-tetangganya. Salah satunya Nenek Martha, yang tinggal sebatang kara di sebelah rumahnya.

Suatu ketika, Antony tidak sengaja merusak oven majikannya. Ia pun dipecat tanpa diberi gaji. Padahal, minggu itu adalah waktunya untuk memberikan persembahan persepuluhan. Sebelum hari Minggu tiba, Antony mendapatkan kabar bahwa salah satu anak gerejanya di kota lain mengalami kebakaran. Ia pun memasukan semua hasil kerja kerasnya ke amplop persembahan dan hampir tidak memiliki sisa uang dalam tabungannya. Ia tidak menyesalinya sama sekali. Malah, hatinya diliputi sukacita karena masih bisa memberikan yang terbaik—bahkan tidak masuk akal bagi banyak orang—kepada Tuhan. Ketika pulang ke rumah, ia sangat terkejut, sebab rumahnya didatangi pemuda kaya raya. Pemuda itu sangat berterima kasih karena selama ini Antony telah berbaik hati kepada neneknya. Secara mendadak, Antony pun diberi modal usaha untuk membuka toko roti sendiri.

Memberi memang tidak selalu mudah, terkadang kita pun masih ragu untuk memberikan terbaik untuk Tuhan. Padahal, Tuhan tidak pernah membutuhkan persembahan dari kita. Tuhan bisa menggerakkan siapa saja untuk mendukung pekerjaan-Nya di bumi. Namun, bila Tuhan memberikan satu dorongan, bahkan yang kecil, dalam hati kita, itu berarti Dia memilih kita untuk menjadi bagian dalam pekerjaan besar-Nya. Tuhan pun tidak melihat besar kecilnya pemberian kita. Yang Dia cari adalah hati yang mau menabur dengan sukacita. Percayalah, ketika kita memberikan segenggam kepada Tuhan, Tuhan sendiri yang akan memastikan untuk memberikan segenggam kepada kita. Sungguh tak terbayangkan berkat segenggaman tangan-Nya. Itu berarti, tingkap-tingkap langit dibukakan dan mujizat keuangan besar dicurahkan atas hidup kita.

RENUNGAN
Jika kita bisa MEMBERI KEPADA TUHAN dengan tidak masuk akal, Tuhan pun juga akan MEMBERIKAN DENGAN TIDAK MASUK AKAL kepada kita.

APLIKASI
1. Apakah Anda bisa memberi kepada Tuhan dengan tidak masuk akal?
2. Jika belum, kendala apa yang Anda rasakan untuk tidak bisa memberikan terbaik kepada Tuhan?
3. Komitmen apa yang Anda akan ambil untuk bisa terus memberikan terbaik kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan yang Mahabaik, kami tahu dan sadar bahwa apa yang dari pada-Mu itu adalah yang terbaik untuk kami. Kami juga tahu bahwa apa yang Kau sediakan dan akan diberikan itu pasti tidak masuk akal bagi kami. Ajar kami untuk terus mengasihi-Mu Bapa, ajar kami untuk juga bisa memberikan yang terbaik kepada-Mu, Tuhan kepujianku. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.