Akil balig seperti Yesus

Akil balig seperti Yesus

BACAAN HARI INI
Galatia 4:1-11

RHEMA HARI INI
Galatia 4:1Yang dimaksud ialah: selama seorang ahli waris belum akil balig, sedikitpun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu;

Sebuah kerajaan sedang menantikan kehadiran seorang putra mahkota. Tiga kelahiran yang pertama adalah anak putri. Itu sebabnya, dalam kehamilan keempat sang ratu, mereka sangat mengharapkan hadirnya putra mahkota. Ketika tiba waktunya sang ratu melahirkan, apa yang kerajaan ini harapkan selama ini sungguh-sungguh menjadi kenyataan. Seorang bayi laki-laki lahir. Sang raja pun mendeklarasikan bayi laki-lakinya sebagai putra mahkota yang kelak akan menggantikannya menjadi raja. Meski demikian, tentu saja tampuk pemerintahan tidak langsung diserahkan kepada putra mahkota yang masih bayi. Ia harus dididik dan dilatih dalam pendidikan kerajaan, sampai akil balig dan menjadi dewasa, sehingga siap untuk berkuasa serta memerintah sebagai raja.

Itulah juga yang terjadi dalam hidup kita. Ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita secara pribadi, kita diangkat menjadi anak-anak Allah yang berhak menerima semua hal yang sudah Tuhan sediakan dalam hidup kita. Namun, untuk menerima seluruh kepenuhan Allah, kita harus terus bertumbuh, selangkah demi selangkah, sampai menjadi dewasa rohani. Hanya saat itulah, Tuhan akan mempercayakan hal-hal yang semakin besar dalam hidup kita.

Jika Anda ingin dipercayai Tuhan dengan hal-hal yang sangat besar, tidak bisa tidak, syaratnya adalah Anda harus bertumbuh menjadi dewasa rohani. Kanak-kanak belum bisa diberi kepercayaan yang besar, hanya yang dewasalah yang bisa diberi kepercayaan yang besar. Itu sebabnya, sangat penting sekali bagi kita untuk terus bertumbuh secara rohani. Pertumbuhan rohani bisa didapat melalui persekutuan pribadi dengan Roh Kudus. Di situlah manusia roh kita diberi makan dalam hadirat Tuhan. Demikian juga dengan pembacaan Alkitab, melalui pembacaan Alkitab dan mempraktekkannya, manusia roh kita terus dilatih, dididik, dan, dipertajam untuk mengikuti kehendak serta rencana Tuhan. Kita bersyukur, di gereja kita ada Sekolah Orientasi Melayani (SOM) untuk mendidik jemaat semakin bertumbuh dewasa rohani. Ikutilah SOM ini dan teruslah bertumbuh semakin dalam di dalam pengenalan kita akan Tuhan, maka hal-hal besar dan supernatural akan Tuhan percayakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Syarat mendapatkan URAPAN UNTUK BERKUASA adalah AKIL BALIG SEPERTI YESUS.

APLIKASI
1. Sampai dimanakah tingkat kedewasaan rohani Anda?
2. Evaluasilah, kepercayaan apa saja yang sudah Tuhan berikan dalam hidup Anda sampai hari ini?
3. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya Anda bisa bertumbuh semakin dewasa rohani dan dipercaya Tuhan dengan hal-hal yang besar?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, bimbinglah kami untuk mengikuti kehendak serta rencana-MU dalam hidup kami. Kami rindu menjadi semakin dewasa rohani dan bertumbuh di dalam Engkau, sehingga Engkau berkenan mempercayakan hal-hal yang semakin besar dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.