Jaminan kesembuhan dari Tuhan

Jaminan kesembuhan dari Tuhan

BACAAN HARI INI
Yesaya 53:1-7

RHEMA HARI INI
Yesaya 53:4-5 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Ding Zui, “penyamar” atau “penjahat pengganti”. Istilah ini merujuk pada praktik menyewa pemeran pengganti untuk menghadiri pengadilan dan menerima hukuman di Tiongkok. Meski di era internet, Ding Zui sangatlah sulit dilakukan, tetapi cerita-cerita tentang praktek yang satu ini banyak ditemukan catatannya. Sudah bukan rahasia umum lagi, sejak ratusan tahun yang lalu, bahkan mungkin lebih lama dari itu, orang kaya raya dan berkuasa dengan mudahnya menghindari hukuman dengan uang serta kekuasaan yang mereka miliki. Dengan mudahnya mereka membayar orang miskin yang ingin menyambung hidup keluarga mereka dan memanipulasi lembaga hukum yang tunduk pada kuasa mereka.

Namun, dalam sejarah umat manusia, satu kejadian yang berkebalikan 180 derajat terjadi. Justru Seorang Kaya Raya yang menggantikan hukuman mati bagi orang miskin. Dia adalah Tuhan Yesus. Demi menyelamatkan kita dari penghukuman yang tidak mungkin sanggup kita tanggung, Sang Raja rela meninggalkan takhta-Nya di sorga dan turun ke dunia. Hari ini, lebih dari dua ribu tahun yang lalu, semua mata melihat bagaimana Yesus dipukuli, dicambuk, dan disalibkan. Sesungguhnya, saat itulah, sesuatu di alam roh tengah terjadi.

Alkitab mencatat bahwa “oleh bilur-bilur-Nya kita menjadi sembuh.” Hal itu berarti, setiap kali Yesus menanggung rasa sakit dari luka-luka yang diterima-Nya, penyakit dan kelemahan kitalah yang tengah ditanggung-Nya. Menurut tradisi Romawi, setiap terhukum yang dijatuhi hukuman cambuk akan disesah sebanyak 39 kali dengan cambuk berduri. Bisa dibayangkan betapa hancurnya tubuh Yesus sewaktu itu. Namun, Yesus rela karena Dia mengetahui besarnya kuasa di balik bilur-bilur-Nya. Supaya kita dapat menerima mujizat kesembuhan besar melalui bilur-bilur-Nya. Semua itu pun dimateraikan di atas kayu salib. Ya, “Sudah selesai.” Semua sakit-penyakit dan kelemahan kita sudah diselesaikan, sepenuhnya sudah dipatahkan kuasanya di atas kayu salib. Imani, jangan goyah, maka kita akan menerima janji kesembuhan itu. (MV.L)

RENUNGAN
BILUR-BILUR YESUS di hari Dia disalibkan menjadi JAMINAN KESEMBUHAN bagi setiap kita.

APLIKASI
1. Mengapa bilur-bilur Yesus bisa menjadi jaminan kesembuhan bagi Anda?
2. Mengapa Tuhan rela menanggung penghukuman demi Anda?
3. Bagaimana seharusnya Anda menyikapi jaminan kesembuhan dari bilur-bilur Yesus?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, sungguh besar pengorbanan-Mu bagi kami. Biarlah kami mengingat, setiap rasa sakit yang kami rasakan saat ini sesungguhnya telah Engkau tanggung dua ribu tahun yang lalu. Penyakit boleh menghampiri hidup kami, tetapi tidak lagi berkuasa atas kami. Sebab oleh bilur-bilur-Mu, kami telah disembuhkan. Kami percaya, kesembuhan itu pasti kami terima. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.