Membuktikan iman atas kesembuhan

Membuktikan iman atas kesembuhan

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 3:19-24

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 3:22-23 dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya. Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.

Tidak ada orang yang suka sakit. Namun sakit bisa menyerang siapa saja dan sering kalinya penyakit itu seolah-olah betah tinggal di dalam tubuh kita. Seperti seorang bapak yang sudah bolak-balik ke dokter di puskesmas desanya, ia tak kunjung sembuh juga. Sehingga suatu hari anaknya memintanya untuk pergi ke dokter kenalannya di kota besar. Berbekal alamat di tangannya, ia pun menemui dokter itu. Setelah diperiksa, dokter itu menuliskan resep obat untuknya dan berkata, “Ini diminum sehari tiga kali ya, Pak. Pagi, siang, malam. Dijamin cepat sembuh!” Bapak ini pun pulang ke rumah. Esok paginya, ia menyobek kertas resep yang diberikan sang dokter menjadi tiga bagian. Ia percaya bahwa pengobatan dari dokter kota pasti mujarab. Demikianlah ia meminum tiap bagian sobekan kertas itu dengan air di pagi, siang, dan malam hari.

Kita mungkin saja tertawa mendengarkan kisah tersebut. Namun, satu hal yang bisa kita petik darinya: ketaatan. Ya, meski si bapak salah menangkap kata-kata sang dokter, ia tak mempertanyakan metode penyembuhan yang tidak lazim itu. Ia percaya pada dokter yang direkomendasikan anaknya. Ia percaya apa pun yang dokter itu suruh pasti akan menyembuhkannya. Karena itu tanpa ragu ia melakukan perintah dokter tersebut.

Seperti itu juga seharusnya iman kita kepada Yesus. Setidak masuk akal apa pun firman-Nya bagi nalar kita, jika kita percaya, jika kita sungguh-sungguh beriman, tak seharusnya kita meragukan perkataan-Nya. Kalau kita tidak ragu, tentu kita pun akan melakukan apa pun yang Tuhan perintahkan. Bagaimanapun, iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. Iman yang melahirkan tindakan atas dasar ketaatan inilah, yang Tuhan tunggu dari kita. Iman dan ketaatan kita akan membuka kunci rahasia kesembuhan ilahi, sehingga mujizat kesembuhan besar itu bisa menjadi bagian kita dan nyata atas hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
IMAN harus selalu bisa DIBUKTIKAN dengan KETAATAN.

APLIKASI
1. Adakah ketaatan yang Tuhan minta dari Anda sekarang ini, tetapi sedang Anda tunda-tunda? Mengapa Anda menundanya?
2. Mengapa iman harus dibuktikan dengan ketaatan dari pihak Anda?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk bisa membuktikan iman Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Bapa, terima kasih atas hari yang Kau berikan kepada kami. Ajar kami untuk memiliki iman yang kuat dan bertumbuh. Ajar kami juga untuk selalu berlaku setia dan melakukan segala apa yang Kau perintahkan saja. Kami mau lebih taat kepada setiap kehendak-Mu dan hanya berbuat apa yang berkenan kepada-Mu saja Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.