Mengaktivasi manusia batiniah

Mengaktivasi manusia batiniah

BACAAN HARI INI
1 Petrus 3:1-7

RHEMA HARI INI
1 Petrus 3:4 tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.

Mobil mainan radio kontrol yang terpampang di etalase itu sangat menarik hati Tommy. Penampakannya gagah dan garang. Tommy mengira mobil itu pasti bisa melaju sangat cepat. Namun, saat Tommy mencoba memainkannya, mobil itu tidak bisa jalan. Si penjual lantas meneliti mobil itu. Ternyata permasalahannya ada pada baterainya. Plastik kemasan batu baterainya belum dilepas. Setelah selubung baterainya dilepas, barulah mobil itu bisa melesat cepat.

Ya, meski mobil mainan itu punya mesin yang unggul dan tampilan yang gagah, semua hal itu menjadi tiada arti bila tidak ada batu baterai sebagai sumber daya. Memang mobil mainan itu sudah dilengkapi baterai, tetapi karena masih tertutup selubung, mainan itu menjadi tidak berfungsi. Begitu pun halnya manusia rohani yang tersembuyi dalam manusia jasmani kita. Ia harus diaktivasikan dan dilepaskan dari selubung yang menutupinya. Manusia rohani itulah yang dimaksud sebagai manusia batiniah dalam 1 Petrus 3:4. Di situ dituliskan bahwa manusia batiniah adalah perhiasan yang tidak binasa dan sangat berharga di mata Allah.

Yang dapat mengaktivasikan manusia roh kita hanyalah Roh Kudus. Karena itu, kita harus terus-menerus bersekutu dengan-Nya setiap waktu. Ketika manusia rohani kita aktif, kita bisa hidup dalam dimensi rohani bersama Tuhan. Apa yang dulunya tidak pernah bisa kita lakukan akan menjadi bisa terjadi karena pertolongan Roh Kudus. Kita pun akan mengalami banyak mujizat yang memecahkan rekor. Kita akan mengalami mujizat seperti mimpi, bahkan mujizat yang mengubah nasib kita selamanya. Hidup kita pun tidak akan pernah sama lagi. Bahkan kita akan menjadi orang-orang yang menggoncang bumi, karena kuasa Allah menyertai kita.

RENUNGAN
Setiap kita memiliki MANUSIA BATINIAH YANG TERSEMBUNYI, yang perlu kita AKTIVASI untuk dapat MENGAKSES KUASA ALLAH.

APLIKASI
1. Apakah Anda selalu mengaktivasikan manusia rohani supaya terus terhubung dengan Tuhan?
2. Bagaimana caranya supaya manusia rohani Anda tetap bersemangat menyala-nyala melayani dan memuliakan nama Tuhan?
3. Bagaimana caranya supaya kualitas dan kapasitas manusia rohani Anda semakin berkembang menjadi manusia rohani yang berkuasa?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau telah melengkapi kami dengan manusia rohani. Inilah hati kami yang selalu terbuka untuk-Mu, bahkan kami sangat merindukan hadirat-Mu. Hadirlah Tuhan dan berkuasalah atas seluruh aspek hidup kami, supaya kami selalu memancarkan kasih dan kuasa-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.