Hidup sebagai ciptaan yang baru

Hidup sebagai ciptaan yang baru

Renungan Keluarga Allah hari ini

BACAAN HARI INI
2 Korintus 5:11-21

RHEMA HARI INI
2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Jordi adalah preman kampung yang ditakuti banyak orang. Melihat badannya yang besar dan memiliki tato, mereka lari ketakutan. Dengan keluarganya sendiri, ia juga sering berlaku kasar. Suatu ketika, Jordi diajak temannya untuk merampok. Namun aksi mereka digagalkan polisi. Keduanya pun ditangkap dan dipenjara. Jordi cukup menyesal karena mendapat hukuman kurungan yang cukup lama. Di penjara, ia sering merenungi perbuatannya dan semakin putus asa.

Suatu kali ketika murung, Bohar, teman satu selnya yang terkenal ramah di lingkungan penjara mereka datang kepadanya. Bohar mengatakan bahwa dirinya dulu seperti Jordi, melakukan banyak kejahatan dan menyesal setelah dikurung lama. Namun, setelah bertemu Yesus, hidupnya mulai berubah. Kesaksian Bohar membuat Jordi penasaran dan setiap hari ia habiskan untuk membaca Alkitab pemberian Bohar. Sampai akhirnya ia menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Lima tahun kemudian, Jordi bebas dan hal pertama yang ia lakukan adalah meminta maaf kepada keluarganya. Tidak hanya itu, kini Jordi menjadi penginjil yang merangkul jiwa-jiwa pemuda yang masih hidup dalam kegelapan.

Saat kita percaya kepada Tuhan Yesus, Roh Kudus turun dan tinggal dalam diri kita. Roh Kuduslah yang bekerja mengubahkan hati, pikiran, dan karakter kita. Semua perubahan inilah yang memampukan kita untuk hidup sebagai ciptaan yang baru, sehingga cara hidup kita pun turut berubah. Kita tidak lagi memikirkan perkara-perkara duniawi, tetapi semakin banyak memikirkan perkara sorgawi. Kita tidak lagi hidup untuk diri sendiri, tetapi memenuhi tujuan Allah dalam hidup kita. Karena itu, bukalah hati dan izinkan Roh Kudus mengubahkan kita. Libatkan Dia dalam segala keputusan kita. Maka, Roh Kudus akan semakin memenuhi hidup kita. Kerohanian kita yang kering akan diaktivasikan, semakin hidup dalam dimensi roh dan memperoleh pengurapan untuk berkuasa. Ya, semua ini bukan hasil usaha kita, tetapi pekerjaan yang dimulai oleh Roh Kudus.

RENUNGAN
Ketika manusia roh kita DIAKTIVASI dan kita berjalan BERSAMA ROH KUDUS, kita pun akan hidup sebagai CIPTAAN YANG BARU.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apakah Anda sudah mengaktivasi manusia roh dan berjalan dengan Roh Kudus? Mengapa demikian?
2. Mengapa manusia roh Anda perlu diaktivasi dan berjalan bersama Roh Kudus?
3. Apa hal yang harus Anda lakukan untuk bisa menjadi ciptaan baru?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan Yesus, terima kasih atas berkat yang Kau berikan kepada kami. Ya Bapa, berikan kami kemampuan dan kemauan untuk mau mengaktivasi manusia roh kami. Kami mau untuk hidup dalam Kristus dan melupakan masa lalu kami. Kami ingin menjadi manusia ciptaan baru yang berjalan hanya pada kehendak-Mu saja. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.