Dampak negatif perselingkuhan bagi keluarga

Dampak negatif perselingkuhan bagi keluarga

BACAAN HARI INI
Amsal 6:20-29

RHEMA HARI INI
Amsal 6:27-28 Dapatkah orang membawa api dalam gelumbung baju dengan tidak terbakar pakaiannya? Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya

Di usianya yang sudah hampir menginjak kepala tiga, Denka masih belum ingin menikah. Ia masih takut kalau-kalau ia tidak bisa menjadi kepala keluarga yang baik. Ketakutannya itu membuatnya menjadi pribadi yang tertutup dan ia tidak berani membuka hati untuk orang lain. Sampai di suatu titik dalam hidupnya, ia merasa jengah sehingga ia pun menceritakannya kepada ketua kelompok selnya. Oleh KKS-nya, Denka dianjurkan untuk ikut retreat Encounter, dan ia pun menurutinya.

Di retreat Encounter, Denka dilayani dan ia disadarkan bahwa ternyata ketakutannya selama ini diakibatkan oleh luka pada kejiwaannya yang telah lama ia pendam. Sewaktu ia kecil, ia sering melihat pertengkaran besar antara ayah dan ibunya karena ibunya mendapati ayahnya berselingkuh. Siapa sangka bahwa hal itu sangat membekas di alam bawah sadarnya. Setelah mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan, ia pun dipulihkan dan menjadi pribadi yang berbeda. Ia sudah dapat mengampuni ayahnya, dan bahkan mulai berani membuka hati untuk mencari pasangan hidup.

Ya, perselingkuhan tidak hanya membawa dampak negatif bagi orang yang berselingkuh maupun pasangannya, tetapi juga besar dampaknya bagi anggota keluarga lainnya, khususnya bagi anak. Perselingkuhan pun sering dipakai iblis sebagai alat untuk menghancurkan banyak keluarga, sehingga rencana Tuhan pun terhambat. Meski demikian, tak ada kata terlambat bagi Tuhan. Ketika salah seseorang, baik itu suami maupun istri yang berselingkuh, dan luka yang tertoreh dalam keluarga sangatlah dalam, jamahan Tuhan tetap dapat menyembuhkannya. Hanya saja, alangkah baiknya bila dengan segala daya upaya kita, kita menghindarkan keluarga kita dari perselingkuhan. Kalau perselingkuhan itu sudah terlanjur terjadi, tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup memberikan mujizat pemulihan keluarga bagi kita. Bagaimanapun, Dialah Allah yang bekerja dalam segala sesuatu, bahkan melalui hal-hal yang kelihatannya buruk, untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

RENUNGAN
PERSELINGKUHAN membawa DAMPAK NEGATIF bagi diri sendiri, pasangan, dan keluarga.

APLIKASI
1. Bagaimana perselingkuhan dapat membawa dampak negatif bagi banyak orang?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan membenci perselingkuhan?
3. Apakah yang dapat Anda lakukan untuk menjauhkan diri dari perselingkuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami mau belajar untuk menjaga pikiran, hati, dan tubuh kami agar kami dapat terhindar dari perselingkuhan. Roh Kudus, tolong ingatkan dan mampukan kami, agar kami dapat senantiasa menjaga kekudusan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.