Menjaga imajinasi demi keselamatan keluarga

Menjaga imajinasi demi keselamatan keluarga

BACAAN HARI INI
Galatia 5:13-25

RHEMA HARI INI
Galatia 5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Derick tidak bisa berhenti memandangi karyawan baru di kantornya. Wanita itu cantik dan bertubuh molek. Saat teman sekerjanya memergoki pandangannya, ia pun merasa malu. Terlebih lagi karena temannya itu juga mengenal istrinya. Dengan canggung ia berkata kepada temannya, “Iya, aku tahu perbuatanku tidak sopan dan dosa. Aku tidak akan mengulanginya.” Tak terduga, temannya malah membalas, “Lho, kenapa? Wajar kok, Rick. Itu kan bukti kamu masih laki-laki dan sehat.” Kali lainnya, Derick tidak lagi merasa bersalah. Ia bahkan mulai berimajinasi lebih jauh, dan lama-lama ia mulai berani bercanda sambil menggoda wanita itu. Akhirnya, ia pun jatuh dalam dosa perselingkuhan.

Mungkin, permasalahan terbesar kita adalah suka mewajarkan pikiran dan perbuatan kita. Terlalu sering kita berkata bahwa wajar saja sebagai manusia kita masih memiliki sifat-sifat dosa. Kita berpikir, apa salahnya jika kita hanya membayangkannya saja, toh tidak sampai diperbuat dan merugikan siapa-siapa. Masalahnya, imajinasi dapat mengobarkan keinginan kita. Sehingga akhirnya kita tidak lagi bisa menahan keinginan hati dan bertindak sekehendak hati kita.

Itu sebabnya, dengan keras Yesus berkata bahwa hanya dengan memandang dan menginginkan seorang perempuan, hal itu sama saja dengan sudah berbuat zinah (Mat. 5:28). Jangan lupa, sebagai orang percaya kita dipanggil untuk hidup dalam Roh. Tidak lagi hidup menuruti keinginan daging yang penuh hawa nafsu dunia, tetapi memberi diri untuk dipimpin oleh Roh. Hal itu berarti menyalibkan kedangingan kita. Ya, jangan lagi membuka celah bagi si iblis untuk menjatuhkan kita ke dalam dosa, sehingga kita kehilangan bagian kita dalam Kerajaan Allah (ay.21). Marilah kita menjaga kekudusan hidup kita secara menyeluruh, sebab Allah itu kudus dan tanpa kekudusan, kita tidak dapat melihat Allah (Ibr. 12:14). Selamatkanlah pernikahan kita dari perselingkuhan, maka Tuhan akan mengerjakan mujizat pemulihan keluarga dalam hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
KENDALIKAN IMAJINASI pikiran kita untuk MENJAGA KESELAMATAN pernikahan.

APLIKASI
1. Apa sajakah yang salama ini Anda izinkan masuk dalam pikiran Anda?
2. Mengapa imajinasi Anda sangat dipengaruhi dengan apa yang masuk dalam pikiran Anda?
3. Bagaimana Anda dapat mengatur apa yang bisa masuk dalam pikiran Anda mulai saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami tidak memperhatikan apa yang masuk dalam pikiran kami dan malah menggampangkannya. Mulai sekarang, kami ingin menjaga kekudusan pikiran kami. Bantulah kami untuk menjauhkan bacaan, tontonan, dan bahkan pergaulan yang tidak kudus. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.