Mengubah kasih manusia dengan kasih Allah

Mengubah kasih manusia dengan kasih Allah

BACAAN HARI INI
Yohanes 13:33-35

RHEMA HARI INI
Yohanes 13:34-35 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

Kebanyakan orang dapat mengasihi sesama saat semuanya baik. Banyak orang dapat mengampuni ketika orang lain meminta maaf terlebih dahulu. Banyak istri atau suami dapat saling mengasihi jika pasangannya bisa melakukan tepat seperti yang diinginkan. Banyak orangtua atau anak yang saling mengasihi saat semuanya saling berbuat baik. Kenyataannya, hidup dalam keluarga pasti ada saja konflik yang timbul. Perbuatan atau perkataan yang menjengkelkan, mengecewakan, dan menyakitkan. Ketidakjujuran, kecurangan, sampai pengkhianatan. Jika kita hanya mengandalkan kasih manusia atau Phileo, yaitu kasih yang dihasilkan berdasarkan situasi dan kondisi, maka pernikahan kita akan sangat rentan dengan perselingkuhan, sampai bisa berakhir dengan perceraian.

Karena itu, penting sekali untuk mengubah kasih Phileo dengan kasih Agape. Dari kasih manusia menjadi kasih Allah dalam pernikahan dan keluarga kita. Agape bukanlah jenis kasih yang tergantung situasi dan kondisi. Kasih Agape menyanggupkan kita memberikan pipi kanan ketika pipi kiri ditampar. Kasih Agape memampukan kita mengatakan, “Tuhan, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Memberi kita kemampuan untuk mendoakan, memberkati, dan mengasihi orang yang membenci, menyakiti, dan merugikan kita. Mengasihi orang yang tidak layak dikasihi, itulah kasih Agape.

Bila kita merasa tidak mampu mengasihi dengan kasih Agape, ingatlah apa yang telah Tuhan Yesus lakukan bagi kita di kayu salib. Apakah kita pantas menerima pengorbanan-Nya yang begitu luar biasa, apa hidup kita sudah demikian baik, tidak bercacat dan tidak bercela hingga kita patut menerima kasih-Nya? Hanya oleh anugerah-Nyalah kita dilayakkan. Karena itulah Yesus memberi perintah baru kepada kita untuk saling mengasihi, seperti Dia telah lebih dahulu mengasihi kita. Sadari Siapa dan apa yang telah Yesus lakukan bagi kita, maka dengan sendirinya kasih Agape akan datang dan mengalir dalam hati kita, sehingga pernikahan kita terhindari dari perselingkuhan dan mujizat pemulihan keluarga pun terjadi. (PF)

RENUNGAN
UBAH KASIH MANUSIA dengan KASIH ALLAH dalam pernikahan dan keluarga kita.

APLIKASI
1. Kasih apakah yang mendominasi dalam pernikahan dan keluarga Anda saat ini?
2. Apa yang membuat Anda kesulitan untuk mengasihi dengan kasih agape?
3. Apa yang Anda rasakan bila mengingat pengampunan dan pengorbanan Tuhan Yesus bagi Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, maafkan kami bila kami sulit untuk mengampuni dan melupakan kesalahan orang kepada kami, sehingga hati kami menjadi pahit. Tuhan, tolong kami untuk menumbuhkan benih kasih Agape yang telah Kau berikan pada kami. Supaya kami dapat mengampuni dan mengasihi seperti Engkau telah mengampuni dan mengasihi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.