Kunci pemulihan keluarga

Kunci pemulihan keluarga

BACAAN HARI INI
Amsal 28:13-18

RHEMA HARI INI
Amsal 28:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Keluarga yang harmonis adalah impian setiap orang. Saat melihat keharmonisan keluarga Ibu Yuni, banyak orang yang berdecak kagum dan ada juga yang merasa iri. Namun, meski hubungan Bu Yuni dan suaminya terlihat mesra dan dengan anak-anak mereka ada keakraban yang kental, dahulu mereka tidak seperti sekarang ini. Tidak ada yang menyangka bahwa keluarganya pernah berada di ambang kehancuran. Tujuh tahun silam, peristiwa perselingkuhan suaminya menggoncang keluarga mereka. Selama berbulan-bulan, Ibu Yuni tidak bisa menerima pengakuan jujur dan ungkapan penyesalan suaminya. Hingga suatu hari, Roh Kudus menjamah hatinya dan membuka mata hati Ibu Yuni. Keduanya pun bisa saling mengakui kesalahan dan saling mengampuni. Sejak saat itu, kehidupan keluarga Ibu Yuni mengalami pemulihan dari Tuhan.

Mengatasi dampak merusak dari perselingkuhan bukanlah perkara mudah. Perasaan dikhianati yang timbul dalam hati pasangan dan juga anak-anak tidak dapat digampangkan begitu saja. Terkadang rasanya seolah-olah tidak ada lagi jalan keluar selain perceraian. Namun dalam sudut pandang Tuhan, perceraian bukanlah jawabannya. Perpecahan keluarga bukanlah kehendak-Nya. Meski bagi manusia itu adalah jalan keluar tercepat dan termudah, tetapi dapat menimbulkan akibat yang berbuntut panjang, terutama dalam kehidupan anak-anak.

Berita baiknya, selalu ada jalan keluar dalam Tuhan. Serusak apa pun bahtera rumah tangga kita, Tuhan selalu sanggup memulihkannya. Hanya saja, dibutuhkan upaya besar dari setiap anggota keluarga di dalamnya. Selain mengakui kesalahan, yang melakukan perselingkuhan harus mau berbalik meninggalkan dosanya. Bagi yang dikhianati pun harus mau melepaskan pengampunan dan tidak lagi mengungkit-ungkit kesalahan pasangan. Kalau kita sungguh-sungguh melibatkan Tuhan, Dia yang akan melimpahkan kekuatan dalam hati kita untuk dapat melakukan semua itu. Mujizat pemulihan keluarga akan Dia kerjakan dalam keluarga kita. Sebab adalah kehendaknya, supaya keluarga anak-anak-Nya penuh dengan mujizat dan selalu memancarkan kemuliaan-Nya.

RENUNGAN
PEMULIHAN KELUARGA hanya bisa terjadi bila ada PERTOBATAN, karena itu TINGGALKAN DOSA dan LEPASKAN PENGAMPUNAN.

APLIKASI
1. Adakah rasa kecewa yang muncul dalam keluarga Anda?
2. Mengapa kita perlu meninggalkan dosa dan melepaskan pengampunan?
3. Bagaimana Anda bisa meninggalkan dosa Anda atau melepaskan pengampunan bagi pasangan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sangat bersyukur untuk keluarga kami. Masuklah dalam keluarga kami supaya kami bisa saling mengasihi, saling terbuka, dan saling mengampuni. Bungkus keluarga kami dengan darah-Mu yang kudus, supaya kami terlindung dari hal-hal yang jahat. Urapi dan berkati kami supaya keluarga kami selalu setia melayani-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Source Reka

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.