Pemulihan terjadi saat kita mengenali luka batin

Pemulihan terjadi saat kita mengenali luka batin

BACAAN HARI INI
2 Timotius 1:3-18

RHEMA HARI INI
2 Timotius 1:7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Richard memutuskan berhenti menjadi karyawan setelah lima tahun bekerja di sebuah perusahaan swasta. Kejenuhan dan keinginan untuk memperoleh penghasilan yang lebih tinggi membuat Richard membulatkan tekadnya. Ia pun mulai merintis usaha bersama temannya. Jatuh bangun mereka hadapi bersama. Namun, ketika usaha mereka mulai menunjukkan hasil, temannya tiba-tiba menghilang dan melarikan keuntungan usaha mereka. Sepeninggal temannya, Richard menerima tagihan-tagihan hutang yang harus segera dilunasi, jika tidak usahanya terancam ditutup. Richard begitu sedih, teman yang dipercaya selama ini membohonginya. Bukan itu saja, ternyata di luar perusahaan, temannya menceritakan keburukan-keburukan Richard.

Semenjak itu, Richard menjadi pribadi yang begitu tertutup, tidak mudah mempercayai orang lain, penuh prasangka, dan selalu berpikiran negatif. Hal itu pun berdampak pada kemunduran dalam usahanya. Hingga akhirnya, Richard dipertemukan dengan teman gereja yang memberitahu bahwa ia memiliki luka batin yang harus disembuhkan dan caranya adalah dengan mengampuni temannya tersebut. Awalnya berat bagi Richard, tetapi ia berusaha mengampuni dan dengan pertolongan Tuhan, ia bisa mengampuni temannya. Pikirannya pun mulai berubah, kehidupannya dipulihkan, dan usahanya pun dipulihkan semakin maju lagi.

Jiwa yang terluka akan membuat kita lebih mudah merasa takut, ragu, dan kuatir. Ketika kita menghadapi berbagai macam situasi dalam hidup kita, kita akan selalu berpikir dari sisi negatifnya saja. Bayangan-bayangan negatif dan pemikiran-pemikiran negatif akan mendominasi pikiran kita, sehingga kita semakin dicekam dengan ketakutan. Namun, ketahuilah bahwa Tuhan tidak pernah memberikan kepada kita roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jadi, kalau kita sering mengalami perasaan negatif, bisa jadi ada luka dalam jiwa kita yang tidak kita sadari dan kita perlu mengalami pemulihan. Ingatlah apa saja yang sudah membuat kita mengalami ketakutan, keraguan, dan kekuatiran dalam diri kita selama ini. Percayalah, Tuhan akan memberikan kesembuhan bagi jiwa kita dan mujzat kesembuhan batin pasti akan kita alami. (LEW)

RENUNGAN
KENALI LUKA BATIN yang menyebabkan KETAKUTAN, KERAGUAN, dan KEKUATIRAN dalam diri kita, maka TUHAN AKAN MEMULIHKANNYA.

APLIKASI
1. Hal-hal apa yang membuat Anda mengalami ketakutan, keraguan dan kekuatiran dalam diri Anda?
2. Jika Anda mengalami luka batin, sudahkah Anda mengenali apa yang menjadi penyebabnya? Ceritakan!
3. Apa yang akan Anda lakukan supaya Tuhan memulihkan luka batin yang Anda alami? Sebutkan tindakan nyata Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau mengingatkan kami untuk selalu hidup tanpa luka batin. Ajari kami untuk bisa terbebas dari luka batin kami dan mengampuni orang yang telah menyakiti kami, ya Tuhan, sehingga pemulihan terjadi dalam diri kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.