Pergaulan yang membuat jiwa semakin terluka

Pergaulan yang membuat jiwa semakin terluka

BACAAN HARI INI
1 Korintus 15:30-38

RHEMA HARI INI
1 Korintus 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

“Haii Rin, apa kabar? Lama banget nggak ketemu.” Sapaan itu mengagetkan Ririn yang sedang berbelanja di sebuah supermarket. “Oh, hai Jesy,” Ririn menjawab dengan canggung, ia tersenyum setengah dipaksakan. Mereka pun terlibat obrolan ringan, lalu Ririn cepat-cepat berpamitan. Dalam perjalanan pulang Ririn berpikir, kenapa sekarang rasanya tidak nyaman bertemu dengan Jesy. Padahal mereka dulu akrab sekali. Dalam percakapan singkat tadi, ia merasa Jesy tidak banyak berubah. Masih Jesy yang dulu yang suka mengeluh dan pesimis.

Beberapa tahun yang lalu, Ririn mengalami pergumulan berat yang membuat jiwanya begitu terluka. Saat itulah ia bertemu Jesy dan pembicaraan mereka rasanya begitu nyambung dan seru. Bersama-sama mereka mengeluhkan ketidakpuasan dan sakit hati mereka, lalu menjelek-jelekan dan mengharapkan hal buruk terjadi pada orang yang mereka benci. Sekarang setelah jiwanya dipulihkan, Ririn menyadari saat itu sebenarnya mereka malah jadi makin tertekan dan sama-sama mencari pelarian ke hal-hal yang negatif.

Hidup memang tidak bisa terhindar dari masalah. Tanpa kita sadari, ada hal-hal yang jika tidak dibereskan akan menimbulkan luka batin yang mendalam. Jika kita mulai merasakan ada yang kosong dalam jiwa kita, ada yang kurang, ketidakbahagiaan, sulit untuk mengucap syukur, ketakutan, kecewa, dan semua yang negatif mulai merasuki pikiran kita, itulah tanda bahwa jiwa kita sedang terluka. Carilah pertolongan dengan bergaul dengan rekan-rekan seiman yang kita pandang matang dalam kerohanian. Jangan malah bergaul dengan orang-orang yang juga sedang terluka jiwanya. Memang pada awalnya kita merasa sehati dan dipahami, tetapi pada akhirnya jiwa kita akan makin terluka. Bergaullah dengan teman yang tepat, yang mengasihi Tuhan dan dewasa rohani akan menghibur, mendukung, dan membimbing kita kembali pada kasih Bapa. Jangan menjauh dari Tuhan saat kita rapuh, sebab hanya Dia yang sanggup memberi mujizat kesembuhan batin. Dia yang akan membalut, memulihkan, dan membawa kesembuhan bagi jiwa kita. (PF)

RENUNGAN
BERHENTILAH BERGAUL dengan orang yang JIWANYA SAMA-SAMA TERLUKA, jangan sampai jiwa kita malah jadi SEMAKIN TERLUKA.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda menilai pergaulan Anda sekarang ini? Sudahkah Anda bergaul dengan orang yang tepat?
2. Bisakah Anda membedakan mana teman yang menjauhkan Anda dari Tuhan dan mana yang membuat rohani Anda bertumbuh?
3. Sikap apa yang akan Anda ambil terhadap teman yang membuat Anda jauh dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau selalu ada untuk kami. Yang membalut dan menyembuhkan luka-luka kami, memberi kesegaran dan pemulihan bagi jiwa kami. Beri kami kepekaan dan hikmat dalam memilih pergaulan. Kiranya kerohanian kami makin bertumbuh dalam pergaulan dengan orang-orang yang tepat dan berkenan kepada-Mu. Kami berdoa bagi teman-teman kami yang sedang terluka jiwanya agar mereka pun beroleh mujizat kesembuhan batin seperti Engkau telah menyembuhkan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.