UPGRADE ROHANI KITA DENGAN DOA PUASA

UPGRADE ROHANI KITA DENGAN DOA PUASA

RHEMA HARI INI
Yoel 2:12 “Tetapi sekarang juga,” demikianlah firman Tuhan, “berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh.”

Kitab Yoel diawali dengan kisah umat Yehuda yang sangat memprihatinkan pada waktu itu. Serbuan belalang yang bertubi-tubi dan musim kering yang hebat melanda tanah mereka. Hasil ladang mereka musnah. Setiap lapisan masyarakat Yehuda hancur. Bisa kita bayangkan betapa hebat penderitaan yang mereka alami. Secara manusia tidak ada lagi alasan untuk berharap. Tiada jalan lain selain datang dan berseru-seru kepada Tuhan memohon belas kasihan-Nya. Sebab hanya itulah jalan untuk dapat dipulihkan, yaitu dengan berdoa dan berpuasa dengan sungguh-sungguh.

Ya, doa puasa yang benar sangat besar kuasanya. Puasa yang benar menggerakkan tangan Tuhan untuk bertindak, sehingga segala perkara dapat diatasi, dari yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin; dari hal yang mustahil menjadi ya dan amin. Doa puasa juga merupakan salah satu disiplin rohani dalam meng-upgrade rohani kita. Bukan hanya untuk mendapatkan berkat fisik, tetapi doa puasa memperbarui manusia roh kita. Sehingga akal budi kita, hati kita, jiwa kita, dan segenap kekuatan kita terus diterangi oleh hadirat Tuhan. Dengan kata lain, berdoa dan berpuasa menjadikan kita semakin intim dan peka akan kehendak Tuhan.

Itu sebabnya, doa dan puasa adalah kekuatan yang paling utama yang perlu kita jalani sebagai anak-anak Tuhan. Tanpa berdoa dan berpuasa, hidup kita akan terus-menerus dirudung berbagai serbuan belalang penghancur dan dilanda musim gersang, sehingga kita pun mengalami berbagai kekalahan serta kehancuran yang tidak diinginkan. Hanya dengan berdoa dan berpuasa kita bisa mengalami peningkatan rohani dan mengalami kemenangan demi kemenangan bersama Tuhan dalam berbagai aspek hidup kita.

RENUNGAN
DISIPLIN ROHANI yang perlu kita lakukan untuk UPGRADE ROHANI adalah DOA PUASA.

APLIKASI

  1. Bagaimana cara Anda meng-upgrade rohani Anda selama ini?
  2. Menurut Anda, mengapa doa dan puasa dapat mengupgrade rohani kita?
  3. Bagaimana komitmen Anda agar konsisten memiliki disiplin rohani?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, bimbing kami agar kami dapat melakukan disiplin rohani yang bisa meningkatkan kerohanian kami, sehingga hidup kami tidak lagi kalah, tapi penuh kuasa. Sehingga kami boleh melakukan perkara-perkara yang membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.