PENTINGNYA MEMPERTAHANKAN JAM DOA

PENTINGNYA MEMPERTAHANKAN JAM DOA

RHEMA HARI INI
Lukas 10:41-42 Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Pagi itu Lita terbangun karena suara barang berjatuhan. Rupanya Andin, teman sekamar sekaligus sahabatnya, tak sengaja menyenggol rak meja rias. “Kau hendak berangkat kerja sepagi ini, Ndin?” tanya Lita. “Iya, ada rapat yang harus kupersiapkan,” jawab Andin seraya melambaikan tangan dan bergegas meninggalkan kamar. Lita menghembuskan nafas dengan sedih. Sudah beberapa pekan, Andin tidak sempat lagi mengobrol dengannya. Lita tahu sahabatnya itu sedang mendapatkan promosi dari kantor dan ia ikut merasa senang karenanya. Namun di saat yang sama, Lita merasa kehilangan sahabatnya.

Ya, sulit untuk membayangkan seseorang berkata bahwa ia sahabat terdekat kita, tetapi ia sangat jarang atau bahkan tidak pernah berbicara dengan kita. Sedekat apa pun hubungan itu sebelumnya, tentu akan merenggang jika tidak ada komunikasi yang terjalin. Sebab hanya dengan bergaul dekat dan intens, kita akan semakin saling mengenal, memahami, dan mengerti satu sama lain.

Bagi orang Kristen, berdoa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan. Sama halnya dengan relasi antar sesama, hubungan dengan Tuhan pun lama-kelamaan akan menjadi gersang jika kita jarang berdoa. Seringkali, keterbatasan waktu menjadi alasan bagi kita untuk jarang atau bahkan tidak berdoa. Kita tidak sadar bahwa Tuhan selalu menanti-nantikan kita untuk bercengkerama dengan-Nya. Betapa sedih hati-Nya jika kita mengacuhkan-Nya dan malah sibuk dengan urusan kita sendiri. Karena itu, sesibuk apa pun kita, jangan pernah mengorbankan jam doa. Kita sendiri tidak suka bila sahabat kita hanya mau datang mendekat jika ada perlunya saja. Ketika kita menjadikan jam doa kita sebagai sarana untuk bergaul intim dan mengerti isi hati Tuhan, maka kerohanian kita akan semakin di-upgrade. Doa-doa kita akan semakin powerfull dan menjadi doa yang menyentuh sorga. (PF)

RENUNGAN
Seberapa sibuknya kita, JANGANLAH PERNAH mengorbankan jam DOA.

APLIKASI

  1. Bagaimana Anda menilai jam-jam doa Anda saat ini?
  2. Hal-hal apakah yang sering kali membuat Anda mengorbankan jam doa Anda?
  3. Komitmen seperti apa yang Anda buat mengenai jam doa Anda mulai saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampuni kami jika kami seringkali mengorbankan Engkau demi kepentingan kami sendiri. Kami akan terus belajar dan berjuang, menjalin hubungan yang intim dan dekat dengan-Mu. Biarlah melalui jam-jam doa kami, kami semakin mengerti isi hati-Mu dan menjadi semakin serupa dengan gambar-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.