ANGGUR SUKACITA

ANGGUR SUKACITA

RHEMA HARI INI
Lukas 5:37 Demikian juga tidak seorang pun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itu pun hancur.

Beratnya masalah, sering kali dituding sebagai penyebab seseorang mengalami depresi, stres dan tertekan. Padahal jika kita cermati, penyebab semua perasaan negatif itu adalah karena kita merasa seorang diri menanggung semua beban. Kita kehabisan jalan, terjebak, dan tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Tidak ada teman untuk berbagi, atau kalaupun ada, teman tersebut pasti sudah bosan mendengar permasalahan kita. Teman juga belum tentu bisa memberi solusi yang tepat dan menolong sesuai harapan kita.

Sebagai orang percaya, kita tahu bahwa ketika kita dibaptis dan menerima Tuhan Yesus, Roh Kudus dianugerahkan sebagai penolong dalam hidup kita. Akan tetapi, kurangnya pemahaman kita tentang karakter Roh Kudus membuat kita sering kali tidak merasakan kehadiran-Nya. Dia seperti sosok yang teramat kudus, sehingga kita segan dan merasa sulit untuk mendekati-Nya. Padahal, Roh Kudus sebenarnya adalah pribadi yang begitu hangat, humoris, dan sangat mengerti tentang diri kita. Dia tak pernah meninggalkan kita dan selalu siap menolong 24 jam sehari. Yang lebih luar biasa lagi, Roh Kudus memiliki kuasa yang tidak terbatas. Tak ada satu pun yang tidak bisa dilakukan-Nya. Hikmat yang Dia berikan, memberi kita solusi untuk setiap masalah kita.

Tentu ini merupakan berita baik bahwa kita bisa memiliki seorang sahabat yang sangat setia, sangat berkuasa, sekaligus pribadi yang sangat menyenangkan. Apa yang tadinya berat, akan menjadi ringan jika kita jalani bersama dengan Dia. Inilah anggur baru pertama yang ingin Tuhan curahkan dalam hidup kita, yaitu sukacita melimpah yang kita dapatkan saat kita membuka hati untuk membangun hubungan dan mengenal Dia lebih lagi. Cara pandang lama kita tentang Roh Kudus, seperti kantong anggur tua yang perlu diganti dengan kantong anggur yang baru. Sebab kantong kulit tua yang sudah tidak elastis, tentu akan sobek dan hancur jika dipakai untuk menampung anggur baru yang mengalami proses fermentasi. Jangan sampai anggur baru pertama yang Tuhan curahkan bagi kita, terbuang sia-sia. Dengan pemahaman yang benar, anggur baru sukacita itu akan berkembang dengan sempurna sehingga kita akan menikmati sukacita yang penuh di dalam Tuhan dalam segala keadaan. (PF)

RENUNGAN
ANGGUR BARU SUKACITA adalah ANGGUR BARU PERTAMA yang Tuhan curahkan dalam hidup kita.

APLIKASI

  1. Apa yang Anda rasakan setelah mengenal kepribadian Roh Kudus yang sebenarnya?
  2. Sukacita yang bagaimana yang Anda rasakan ketika Anda membuka hati untuk Roh Kudus?
  3. Apa yang harus Anda lakukan agar anggur baru sukacita dari Tuhan tidak terbuang sia-sia?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kehadiran Roh Kudus dalam hidup kami. Yang bukan saja menolong dan menuntun kami melewati badai kehidupan, tetapi juga membawa sukacita besar bagi kami. Kami dikuatkan, dihibur, dan dimampukan-Nya mencapai rencana-Mu dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.