HIDUP DALAM HABITAT ROHANI YANG TEPAT

HIDUP DALAM HABITAT ROHANI YANG TEPAT

RHEMA HARI INI
Kolose 3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Setiap makhluk hidup pasti memiliki habitat atau tempat tinggalnya masing-masing, baik itu manusia, binatang, atau tumbuhan. Habitat adalah tempat suatu makluk hidup tinggal dan berkembang biak. Misalnya binatang, mereka punya habitat yang berbeda-beda, ada yang di perairan, ada pula yang di daratan. Bagi binatang, salah satu cara untuk bertahan hidup adalah dengan menempati habitatnya sebagai rumah mereka. Namun, tidak jarang kita mendapati adanya binatang ditempatkan pada habitat yang tidak sesuai dengan habitat asli mereka.

Lalu, apa yang akan terjadi jika binatang ditempatkan pada tempat yang bukan habitatnya? Ketika tidak berada di habitat aslinya, binatang bisa mengalami stres, memakan makanan yang tidak cocok, sehingga kondisi tubuh mereka tidak baik, bahkan tidak bertumbuh sebagaimana mestinya. Binatang yang ditempatkan tidak pada habitatnya akan kehilangan rumah mereka, kehilangan sumber makanan, dan mereka bisa masuk ke pemukiman manusia, bahkan bisa mengalami kepunahan. Sehingga sangat penting bagi binatang untuk hidup sesuai habitat aslinya agar bisa tetap bertahan hidup, berkembang biak, dan tidak punah.

Berbicara tentang habitat, manusia roh pun juga memiliki habitat tersendiri. Sebagai manusia roh, kita juga harus menempatkan diri pada habitat rohani yang tepat, jangan sampai kita keliru dalam memilih tempat tinggal rohani kita. Hadirat Tuhan adalah habitat yang tepat bagi manusia roh kita. Ketika kita hidup dalam hadirat Tuhan, kita akan semakin mengalami pertumbuhan rohani, percepatan, dan perkembangbiakan rohani. Oleh karena itu, hiduplah dalam habitat rohani yang tepat dengan memiliki gaya hidup memuji, menyembah, dan memenuhi hidup kita dengan firman Tuhan. Semakin hari kita harus semakin berendam dalam hadirat Tuhan sebagai habitat rohani kita. Saat kita berada pada habitat rohani yang tepat, kita pun akan mengalami peningkatan rohani yang pesat. (LEW)

RENUNGAN
Hiduplah dalam HABITAT ROHANI yang tepat dengan memiliki gaya hidup MEMUJI, MENYEMBAH, dan penuh dengan FIRMAN TUHAN.

APLIKASI

  1. Apakah tandanya Anda sudah hidup dalam habitat rohani yang tepat?
  2. Mengapa Anda harus hidup dalam habitat rohani yang tepat?
  3. Bagaimana agar Anda bisa hidup dalam habitat rohani yang tepat yang seturut dengan kehendak Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, berikanlah kami kemampuan untuk hidup dalam habitat rohani yang tepat. Kami rindu hidup kami terus bertumbuh dan berbuah lebat bagi kemuliaan nama-Mu. Biar nama-Mu yang semakin ditinggikan melalui hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.