HABIT MERENUNGKAN FIRMAN TUHAN

HABIT MERENUNGKAN FIRMAN TUHAN

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:97 Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari.

Suatu hari, seorang jemaat bertanya kepada pendetanya, “Bagaimana supaya saya bisa menjadi seorang yang kuat secara rohani?” Pendetanya pun menjawab, “Kuncinya ada tiga: baca Alkitab; yang kedua, baca Alkitab; yang ketiga, baca Alkitab.” Ya, membaca Alkitab setiap hari bukan saja memberikan kekuatan rohani, tetapi ada banyak manfaat yang dapat kita terima saat membaca dan merenungkan firman. Firman Tuhan mampu menuntun jalan hidup kita, mengoreksi kesalahan, membuat kita lebih bijak, mengajarkan prinsip hidup yang benar, dan juga membawa kita mengenali kehendak Tuhan dalam kehidupan pribadi kita.

Raja Daud adalah orang yang mengerti dengan baik manfaat dari firman Allah. Hingga ia tidak pernah merasa terpaksa atau terbebani untuk merenungkan firman. Alkitab mencatat Daud telah jatuh cinta pada setiap bagian demi bagian Taurat Tuhan yang merenungkannya (Mzm. 119:97). Tidak heran jika Tuhan berperkara dengan heran dalam kehidupan pribadinya. Itulah sebabnya, ia dengan sukacita dan rela hati menyediakan waktu untuk merenungkan Taurat Tuhan itu siang dan malam.

Mungkin kita berpikir, “Saya juga setiap hari membaca firman, tapi mengapa saat ini saya merasa semua yang dilakukan seperti rutinitas belaka?” Mengembangkan habit merenungkan firman Tuhan tidak hanya rutinitas membaca firman Tuhan, tetapi juga merenungkan dan menghidupnya. Berdoalah dan minta Roh Kudus menyirami hati kita dengan rasa rindu kepada Tuhan. Percayalah, kehidupan rohani kita akan bertumbuh semakin baik dan kita akan mengalami peningkatan rohani. Saat kita bisa tinggal dalam hadirat Tuhan, kita pun akan melihat bagaimana Dia mencurahkan berkat jasmani dan rohani dengan melimpah seumur hidup kita.

RENUNGAN
Mengembangkan HABIT merenungkan FIRMAN TUHAN menjadikan kita semakin bisa TINGGAL DALAM hadirat Allah.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, apa yang dimaksud mengembangkan habit merenungkan firman Tuhan?
  2. Mengapa penting bagi kita untuk mengembangkan habit merenungkan firman Tuhan?
  3. Bagaimana cara kita agar dapat memiliki habit merenungkan firman Tuhan senantiasa?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami berdoa untuk semangat dan kekuatan yang baru agar kami semakin diperbarui dalam pengenalan akan firman-Mu hari demi hari, sehingga kami boleh semakin berkenan di hati-Mu. Tuntun dan mampukan kami agar dapat konsisten mengembangkan habit merenungkan firman Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.