PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN JIWA DAN ROH

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN JIWA DAN ROH

RHEMA HARI INI
1 Tesalonika 5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Dengan terjadinya pandemi, banyak orang mulai menyadari bahwa tubuh yang sehat adalah aset berharga yang perlu dijaga. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, istirahat yang cukup, hingga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Badan jasmani kita memang terlihat, jadi kita bisa dengan mudah merawatnya. Namun kita juga harus ingat bahwa manusia tidak hanya terdiri dari jasmani atau fisik saja, ada jiwa dan roh juga yang menjadikan kita manusia seutuhnya.
Yang menjadi masalah, jiwa dan roh adalah bagian dari kita yang tidak dapat kita lihat, sehingga seringkali terluput dari perhatian kita. Kita kerapkali tidak sadar ketika jiwa dan roh kita sedang tidak baik kesehatannya. Jiwa yang sehat ditandai dengan kondisi batin yang damai dan sejahtera, sehingga kita menyadari potensi yang kita miliki, mampu menanggulangi tekanan hidup normal, bekerja secara produktif, serta mampu memberikan kontribusi bagi lingkungan.
Sebaliknya, jika keadaan jiwa dan roh kita sedang tidak sehat, maka hubungan pribadi kita dengan Tuhan terasa hampa dan tanpa gairah. Dampaknya pada keseharian kita pun sangatlah besar. Kita mulai kehilangan sukacita dan damai sejahtera, emosi menjadi labil dan berbagai dampak negatif lainnya. Oleh sebab itu, kesehatan jiwa dan roh tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik atau jasmani kita. Saat kita menyadari ada sesuatu yang salah dalam kesehatan jiwa dan roh kita, segeralah masuk ke dalam ruang kesembuhan. Adakan waktu khusus untuk masuk dalam hadirat Tuhan dan Dia akan memberikan kelegaan bagi jiwa kita. Dengan tubuh, jiwa, dan roh yang sehat, maka kita akan semakin efektif dalam menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawab yang Tuhan berikan. (PF)

RENUNGAN
Bukan hanya KESEHATAN FISIK DAN JASMANI yang penting, KESEHATAN JIWA serta ROH juga penting.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, mengapa kesehatan jiwa dan roh itu penting?
  2. Bagaimana Anda menilai kondisi kesehatan jiwa dan roh Anda saat ini?
  3. Apa saja yang membuat kesehatan roh dan jiwa Anda terganggu dan bagaimana Anda akan mengatasinya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami tahu ada banyak hal di luar kendali kami. Yang bila kami izinkan menguasai, akan merusak kesehatan jiwa dan roh kami. Kami memilih untuk datang ke hadirat-Mu Tuhan, dan memberi diri kami untuk menerima pemulihan yang sempurna oleh kasih karunia-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.