Kunci Transformasi Keluarga

BACAAN HARI INI

Mazmur 119:89-112

RHEMA HARI INI

Mazmur 119:112 Telah kucondongkan hatiku untuk melakukan ketetapan-ketetapan-Mu, untuk selama-lamanya, sampai saat terakhir.

Allah tidak pernah berencana menempatkan kita dalam suatu keluarga hanya untuk merasakan konflik setiap harinya. Sejatinya, Dia memiliki tujuan yang mendatangkan damai sejahtera atas keluarga kita. Bahkan, Dia telah memberikan kunci untuk dapat memiliki keluarga bahagia dan penuh sukacita. Kunci tersebut dapat kita temukan dalam firman-Nya yang tercatat dalam Alkitab. Hanya saja, sering kali kita tidak menyadari, tidak mau mencari tahu atau malah mengabaikannya. Kita berharap Tuhan dapat mengubahkan keadaan keluarga kita hanya dengan berdoa. Memang benar, doa mengubahkan segala sesuatunya. Namun, sebelum Tuhan mengubahkan segala sesuatu, Dia ingin mengubahkan diri kita terlebih dahulu. Semua tergantung dari kita sendiri. Apakah kita mau mencari tahu apa yang Tuhan firmankan, membuka hati untuk mendengarkan arahan-Nya, dan melakukannya dengan penuh disiplin?

Benar, melakukan firman Tuhan tidak pernah mudah. Ada banyak peraturan dan ketetapan yang bertentangan dengan keinginan pribadi kita. Itu sebabnya, kita membutuhkan hati yang selalu condong kepada firman-Nya dan kedisiplinan diri. Disiplin sendiri diartikan sebagai bentuk ketaatan dan rasa tanggung jawab untuk tidak melanggar ketentuan, tata tertib dan nilai-nilai yang dianggap baik. Sangat penting bagi kita untuk memiliki prinsip mengontrol diri ini, agar kita tidak melanggar apa yang berlaku dalam firman Tuhan. Selain itu, ketika kita tidak dengan sadar mencondongkan hati kita kepada firman, maka kita akan lebih mudah condong pada daging dan tidak melakukan firman Tuhan.

Jangan sampai firman yang kita dengar, kita lupakan begitu saja. Kita harus memiliki komitmen untuk terus melakukan firman tersebut. Demikianlah yang harus kita lakukan jika ingin mengalami transformasi keluarga. Jika kita sudah bergabung dalam kelompok sel, kita akan menerima Cheklist Transformasi Keluarga. Dalam checklist tersebut, kita akan mendapatkan petunjuk apa saja yang perlu kita perhatikan dalam hidup kita dan kehidupan keluarga. Jika kita mau disiplin melakukan petunjuk-petunjuk yang sesuai dengan firman Tuhan itu, maka transformasi keluarga yang nyata pasti dapat kita alami. (LEW)

RENUNGAN

KUNCI TRANSFORMASI KELUARGA adalah mencondongkan hati dan mendisiplinkan diri untuk MELAKUKAN KETETAPAN FIRMAN TUHAN

APLIKASI

  1. Apakah Anda sudah mendisiplinkan diri Anda untuk melakukan firman Tuhan? Mengapa?
  2. Maukah Anda mengalami Transformasi Keluarga? Bagaimana Anda dapat mengalaminya?
  3. Hal-hal apa yang dapat Anda lakukan untuk lebih mendisiplinkan diri Anda dalam melakukan firman Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami rindu keluarga kami mengalami transformasi, karena itu ajarilah kami untuk mencondongkan hati dan mendisiplinkan diri kami melakukan firman-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.