Pengikat Yang Mempersatukan Keluarga

BACAAN HARI INI

Kolose 3:12-21

RHEMA HARI INI

Kolose 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

“Ohana berarti keluarga. Keluarga artinya tidak ada seorang pun yang tertinggal atau terlupakan.” Quote tentang keluarga yang menyentuh hati ini berasal dari animasi Disney, “Lilo and Stitch”. Saat mendengarkannya, kita mendapatkan kesan bahwa keluarga adalah orang-orang yang paling dapat kita andalkan dan percayai. Dengan mereka, kita menemukan tempat di mana kita merasa diterima, disambut, dirangkul, dimengerti, aman, dan nyaman. Tempat yang bisa kita sebut sebagai rumah. Tempat di mana kita menemukan sorga di bumi. Ya, itulah gambaran ideal tentang keluarga. Namun, pada kenyataannya, seberapa banyak dari kita yang kehidupan keluarganya jauh dari bayangan sorga?

Kita perlu mengerti, keluarga bukanlah sekumpulan orang sempurna seperti yang biasanya terlihat dalam tayangan iklan. Sesungguhnya, keluarga adalah sekumpulan orang yang hatinya bercacat cela dan penuh luka. Mereka adalah orang-orang yang perlu jamahan kasih ilahi. Sama seperti kita, mereka juga butuh dimengerti dan dimaafkan. Untuk itulah, Tuhan mengumpulkan kita dengan mereka dalam satu keluarga. Agar kita dapat belajar mengasihi, seperti Tuhan mengasihi kita. Supaya karakter Kristus yang penuh kasih terbentuk dalam hati kita. Ya, dalam keluargalah, Tuhan mengembangkan sikap hati dan ketulusan kita terhadap sesama.

Sementara Tuhan ingin kita mengasihi anggota keluarga kita, seberapa pun cacatnya mereka di mata kita, Dia juga memahami jika kita pun memiliki kekurangan kita sendiri. Kekurangan yang membuat kita tidak mampu mengasihi keluarga kita sebagaimana yang kita harapkan. Itulah sebabnya, kita perlu mengizinkan Tuhan bertakhta dalam keluarga kita. Biarkan kasih-Nya yang membawa damai sejahtera memerintah dalam hati kita. Izinkan Dia memakai kita untuk menyalurkan kasih-Nya kepada setiap anggota keluarga kita. Demikanlah kasih-Nya memenuhi keluarga kita dan mendatangkan suasana sorgawi dalam rumah. Pada akhirnya, kita akan memahami bahwa hanya kasih Tuhan yang dapat mendekatkan dan melekatkan hati-hati yang terpisah jauh. (MV.L)

RENUNGAN

ALLAH ADALAH KASIH; ketika kita menjadikan-Nya kepala dalam keluarga, maka Dia akan MENYATUKAN dan MENYEMPURNAKAN KELUARGA kita

APLIKASI

  1. Mengapa Anda perlu menjadikan Tuhan sebagai kepala dalam keluarga?
  2. Menurut Anda, mengapa Allah dapat menyatukan dan menyempurnakan keluarga Anda?
  3. Bagaimana Anda dapat menjadikan-Nya kepala dalam keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, ampuni kami apabila kami tidak mampu mengasihi anggota keluarga kami sebagaimana yang Engkau inginkan. Penuhilah hati kami dengan kasih-Mu, ya, Tuhan. Biarlah kasih itu mengikat hati kami dengan keluarga kami, menjadi satu dan sempurna. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.