Menanam dan menyiram dengan benar

BACAAN HARI INI

1 Korintus 3:1-7

RHEMA HARI INI

1 Korintus 3:6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.

Dalam pelayanannya, Paulus memiliki teman-teman sekerja. Salah satunya adalah Apolos, seorang Yahudi yang berasal dari Aleksandria. Dengan tak jemu-jemu, Apolos menyampaikan kepada orang-orang Yahudi bahwa Yesus Kristus adalah Mesias. Kepada jemaat di Korintus, Paulus menjelaskan, bahwa baik dirinya maupun Apolos adalah pelayan-pelayan Tuhan yang diberikan karunia yang berbeda-beda, tetapi tujuannya tetap sama, yaitu mengabarkan Injil. Apolos hanya berperan sebagai penyiram. Ia menyirami apa yang telah ditanam oleh Paulus. Tentu saja Paulus dan Apolos tidak menanam dan menyiram dengan sembarangan. Mereka melakukannya dengan cara yang benar, sehingga Tuhan memberikan pertumbuhan dan memunculkan buah Roh dalam kehidupan jemaat.

Seperti Paulus dan Apolos yang mengerjakan apa yang menjadi bagiannya dengan benar, apakah kita juga sudah mengerjakan bagian kita? Kita ingin sukses dalam pekerjaan dan usaha, tetapi tidak melakukan bagian kita, yaitu tekun dan rajin bekerja. Kita ingin nilai ujian memuaskan, tetapi tidak rajin belajar. Kita ingin keluarga kita bahagia, tetapi tidak mau menyisihkan waktu untuk mereka. Kita ingin sehat, tetapi tidak mau berhenti mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kita ingin jumlah jemaat kita bertambah, tetapi tidak mau keluar untuk menjangkau jiwa dan hanya sibuk dengan diri sendiri. Kita mau berbuah, tetapi tidak taat dengan firman dan tidak mau membangun hubungan pribadi dengan Tuhan.

Bila kita ingin hasil yang terbaik, lakukanlah bagian kita dengan benar. Fokuslah bekerja dengan rajin dan tekun, maka Tuhan akan memberikan buah kesuksesan. Fokuslah belajar, maka Tuhan akan memberikan buah berupa nilai ujian yang memuaskan. Fokuslah menyisihkan waktu berkualitas pada keluarga, maka Tuhan akan membuahkan kebahagiaan dalam keluarga. Fokuslah menjaga pola hidup sehat, maka Tuhan akan berikan buah kesehatan. Fokuslah menjangkau jiwa, mengabarkan Injil keselamatan, maka Tuhan akan beri buah jiwa-jiwa. Fokuslah hidup dalam ketaatan pada firman Tuhan, terus hidup dalam hadirat Tuhan, terus mencari Tuhan, maka Tuhan akan beri buah Roh yang lebat dalam hidup kita.

RENUNGAN

Jika kita MENANAM dan MENYIRAM dengan benar, maka TUHAN yang akan memberi PERTUMBUHAN dan memunculkan BUAH ROH dalam hidup kita

APLIKASI

  1. Apakah Anda mengetahui apa yang menjadi bagian Anda dalam hidup Anda? Sebutkan!
  2. Apakah Anda sudah membiarkan Tuhan mengerjakan bagian-Nya?
  3. Rindukah Anda kehidupan Anda menghasilkan buah Roh? Langkah-langkah apa yang dapat Anda lakukan untuk itu?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, mampukan kami mengerjakan bagian kami dengan benar, sehingga kami terus bertumbuh dan menghasilkan buah Roh yang lebat dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.