Kasih yang nyata melalui perbuatan baik

BACAAN HARI INI
Amsal 27:1-6

RHEMA HARI INI
Amsal 27:5 Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.

Pernahkah kita merasa prihatin atau kasihan kepada seseorang dan berniat untuk membantunya, tetapi kita malah menunda-nunda melakukannya? Entah karena kesibukan atau mendadak ada sesuatu yang harus kita kerjakan, sampai akhirnya bantuan itu tidak jadi kita berikan. Kita bisa saja punya rasa belas kasih yang besar, punya niat berbuat baik untuk orang lain, tetapi kalau hal itu tidak dinyatakan dalam perbuatan, hal itu adalah sia-sia dan tak ada gunanya, terutama bagi orang lain. Seperti juga iman tanpa perbuatan adalah mati (Yak. 2:17), orang tidak akan pernah tau apa isi hati kita, bila kita tidak menjadikannya sebagai tindakan nyata. Bagaimana seseorang tahu bahwa ia dikasihi bila tidak ada tindakan kasih yang diterimanya?

Kasih paling nyata terlihat melalui perbuatan baik. Bila kita mengasihi pasangan kita, pastikan mereka benar-benar merasa dikasihi. Pastikan apakah kebaikan kita benar-benar sudah dirasakan oleh orang di sekitar kita. Pastikan apakah orang lain sudah merasa diberkati dengan hidup kita; apakah pekerjaan Tuhan sudah dimajukan melalui pelayanan kita; apakah gereja Tuhan sudah dibangun melalui pengorbanan kita. Jangan sampai kasih yang kita miliki menjadi kasih yang tersembunyi. Pakailah kemampuan, talenta, harta, waktu, dan tenaga yang sudah Tuhan berikan kepada kita untuk menjadi terang, untuk berbuat baik, dan menjadi berkat bagi sebanyak mungkin orang. Janganlah menunda-nunda kebaikan.

Banyak cara untuk berbuat baik. Dari yang paling sederhana dengan menghibur teman yang sedang sedih, menjadi pendengar yang baik, menemani orangtua kita, bahkan sebuah senyum yang tulus pun bisa menjadi kebaikan dan berkat bagi yang menerimanya. Biarlah kebaikan menjadi identitas kita sebagai anak-anak Tuhan. Supaya setiap orang yang melihat dan menerima kebaikan kita terjamah hatinya dan kebangunan rohani yang dasyat terjadi dalam hidupnya, serta nama-Nya makin dipermuliakan.

RENUNGAN
KASIH YANG NYATA terlihat melalui PERBUATAN BAIK, itu sebabnya TERANG KEBAIKAN kita HARUS BERCAHAYA

APLIKASI
1. Apa yang sering menghambat Anda untuk berbuat kebaikan?
2. Mengapa berbuat baik itu penting untuk dilakukan anak-anak Tuhan?
3. Bentuk kebaikan apa yang bisa Anda berikan untuk keluarga dan orang-orang di sekitar Anda setiap harinya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ingatkanlah kami untuk selalu menabur kebaikan setiap saat kepada orang yang membutuhkan dan kepada setiap orang yang kami temui. Biarlah hidup kami mencerminkan kebaikan-Mu yang tidak terbatas, dan agar yang menerima kebaikan itu akan mengucap syukur kepada Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 16-18

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.