Jangan jemu jemu berbuat baik

BACAAN HARI INI
Galatia 6:1-10

RHEMA HARI INI
Galatia 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah

Di sebuah kota kecil, tinggallah seorang gadis dengan ibunya yang selalu mengajarinya untuk menjadi berkat. Suatu pagi, pintu rumah mereka diketok seseorang. Gadis itu pun membuka pintu dan tampaklah seorang anak laki-laki yang lusuh. Sambil memandangnya ragu, anak itu meminta segelas air. Alih-alih membawakan air putih, gadis itu memberikan segelas besar susu yang habis dalam sekejap. Lalu si anak bertanya berapa harga susunya. Namun gadis itu tersenyum dan mengatakan susu itu gratis. Dua puluh tahun kemudian, gadis itu didiagnosa sakit kronis. Para dokter di kotanya angkat tangan dan merujuknya pada seorang dokter spesialis di kota besar. Di sana, ia menjalani operasi dan perawatan untuk penyakitnya. Ketika akhirnya ia sembuh dan diperbolehkan pulang, ia pun hendak membayar tagihan rumah sakit. Sejenak kekuatiran melandanya. Ia tidak yakin bisa mebayar seluruh biaya perawatannya. Namun ketika menerima lembar tagihannya, sebagai ganti sejumlah uang yang mungkin tidak mampu dibayarnya, tertera sebuah pesan: “Telah dibayar lunas dengan segelas susu.”

Janji Tuhan tidak pernah salah. Ketika kita menabur, kita pasti akan menuai. Jika kita berbuat baik, maka suatu hari kebaikan itu akan kembali pada kita. Bahkan tuaian yang sudah Tuhan sediakan jauh lebih besar dari apa yang telah kita taburkan. Itulah sebabnya, seperti yang dikatakan dalam Galatia 6:9, jangan berhenti berbuat baik. Lakukan perbuatan baik itu secara terus-menerus dan berkali kali.

Terkadang situasi dan kondisi membuat kita sulit untuk berbuat baik, tetapi jangan sampai garam dalam kehidupan kita menjadi tawar dan hidup kita dinilai tidak ada gunanya lagi oleh Tuhan. Selama masih ada kesempatan, teruslah menjadi terang dan garam bagi dunia ini. Dengan demikian, kita pun akan dibawa Tuhan masuk ke level kemuliaan yang lebih besar dalam rencana-Nya. Biarlah kebaikan-kebaikan kita menjadi sebuah kesaksian yang membawa banyak orang kepada Tuhan, sehingga revival itu pun terjadi. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Orang yang mau BERBUAT BAIK, BERMANFAAT, dan MENJADI BERKAT, akan MENUAI KEBAIKAN yang Tuhan karuniakan

APLIKASI
1. Perbuatan baik apakah yang sudah Anda lakukan akhir-akhir ini?
2. Menurut Anda, mengapa Anda harus berbuat baik?
3. Bagaimana Anda dapat berbuat baik, bermanfaat, dan menjadi berkat bagi sekeliling Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa dalam nama Yesus, ajar kami Tuhan untuk selalu berbuat baik dan bermanfaat, serta menjadi berkat bagi orang lain. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Samuel 1-3

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.