Dua sisi anugerah

BACAAN HARI INI

Matius 1:18-25

RHEMA HARI INI

Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Mengandung dan melahirkan seorang bayi adalah kodrat sekaligus impian hampir setiap wanita. Namun, mengandung bayi tanpa sosok ayah si bayi yang mendampingi adalah mimpi buruk. Saat Maria dijumpai Malaikat Gabriel dan diberitahu bahwa akan ada janin Mesias yang dijanjikan dalam rahimnya, tentu sebagai anak Tuhan, berita itu diterima dengan sukacita. Namun, seketika itu juga terjadi pergolakan dalam hatinya. Apa tanggapan orang-orang di sekitarnya? Apakah mereka tidak akan berpikir bahwa kabar kehamilan ilahinya hanyalah rekayasa untuk menutupi aib yang sesungguhnya? Bagaimana dengan Yusuf? Sebagai tunangannya, Yusuf adalah pribadi yang yang sangat diharapkan Maria untuk membelanya. Namun, pada kenyataannya, Yusuf malah berencana meninggalkannya.

Sungguh berat tantangan yang harus dihadapi Maria. Namun Maria tetap pada pilihannya. Ia siap menerima kahadiran bayi Yesus apa pun risikonya. Allah pun tidak tinggal diam. Malaikat-Nya menjumpai Yusuf secara pribadi, dan akhirnya Yusuf menerima Maria menjadi isteri yang sah. Kemudian berkat Tuhan yang luar biasa terjadi dalam hidup Maria dan Yusuf. Mereka berdua tercatat dalam sejarah sebagai orang tua Yesus, Sang Juruselamat.

Bagaimana dengan keadaan kita saat ini? Apa yang Roh Kudus katakan dalam hati kita? Kita semua mendapatkan janji yang sama. Yesus lahir untuk kita semua, menebus kita dari segala dosa, dan melalui-Nya, kita adalah umat pemenang. Bahkan lebih dari pemenang. Lalu, apakah sekarang kita sedang ada dalam permasalahan? Tantangan apa yang ada di depan kita sekarang ini? Sadarilah, saat kita menerima berkat Tuhan, di waktu yang sama, ada tantangan yang menghadang di depan kita. Itu pasti. Namun, janganlah menyerah. Tetap melangkah pada jalan Tuhan. Setia dan bertekun terus dalam Tuhan. Semakin besar tantangan yang harus kita hadapi, semakin besar juga berkat yang Tuhan sediakan buat kita. Tunggu waktu-Nya, campur tangan-Nya yang ajaib akan membuat kita keluar sebagai pemenang. Amin.

RENUNGAN

Saat Tuhan CAMPUR TANGAN, kita bukan hanya akan MENERIMA BERKAT, tetapi juga MENGHADAPI TANTANGAN; inilah DUA SISI ANUGERAH

APLIKASI

  1. Bagaimanakah sikap Anda selama ini saat menghadapi tantangan yang datang bersamaan dengan berkat yang Anda terima?
  2. Menurut Anda, mengapa anugerah Tuhan memiliki dua sisi?
  3. Sekarang, setelah mengetahui kebenaran dari anugerah Tuhan, bagaimana Anda akan menghadapi tantangan-tantangan tersebut?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ampuni kami apabila selama ini kami hanya menginginkan berkat dari-Mu, tetapi sering mengeluhkan tantangan yang menyertai berkat itu. Bimbing kami, ya, Tuhan, agar kami dapat melalui setiap tantangan. Kami percaya, Engkau bukan Tuhan yang tinggal diam, tetapi campur tangan-Mu yang ajaib nyata atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.