Proses untuk promosi besar

BACAAN HARI INI
2 Korintus 4:7-18

RHEMA HARI INI
2 Korintus 4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Promosi tidak selalu berarti hidup akan menjadi lebih mudah. Promosi bukan hanya tentang jabatan yang lebih tinggi, penghargaan lebih besar, atau penghasilan yang lebih menjanjikan. Promosi juga berarti tuntutan, komitmen, dan pengorbanan yang lebih besar. Inilah yang dapat kita pelajari dari kisah Maria dan Yusuf. Bukan hanya sebelum, bahkan setelah menerima promosi dari orang biasa-biasa saja menjadi orangtua Sang Mesias, mereka masih melewati begitu banyak tantangan. Mereka harus melindungi bayi Yesus dari kejaran Herodes, meninggalkan tanah kelahiran mereka, dan tinggal jauh di Mesir untuk beberapa waktu. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab memberi makan dan membesarkan Yesus sampai dewasa. Semua yang mereka lalui tentu tidaklah mudah, tetapi terbukti sepadan.

Sepatutnya kita menyadari, dalam setiap promosi, ada tantangan yang mendahului dan tanggung jawab yang mengikuti. Tanggung jawab ini pun sering kali sekaligus menjadi tantangan berikutnya untuk menerima promosi yang lebih besar dari Tuhan. Seperti dua sisi mata koin, di balik berkat, ada tantangan yang harus kita hadapai. Dua sisi yang berbeda ini bukanlah hal yang bertolak belakang, tetapi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dengan demikian, tantangan ataupun permasalahan yang menghadang kita, itu pun juga anugerah dari-Nya.

Benar, setiap permasalahan yang Tuhan izinkan terjadi, justru akan memperkuat rentangan sayap kita. Agar kita dapat belajar terbang mengatasi segala badai persoalan. Semakin besar angin yang menerpa, semakin tinggi Tuhan ingin membawa kita. Itu sebabnya, mulailah melihat melampaui segala tantangan yang mengelilingi kita. Sebab, seberat apa pun permasalahan yang kita lalui, semua itu hanyalah proses, sebuah persiapan dari rencana Tuhan yang besar. Penderitaan yang tidak ada apa-apanya dibandingkan kemuliaan yang telah Dia sediakan. Percayalah, ketika kita menyerahkan segalanya ke dalam tangan Tuhan, kita pun akan melihat campur tangan-Nya yang ajaib dalam segala sesuatunya. (MV.L)

RENUNGAN
Kita perlu MENYADARI dan MEMPERSIAPKAN DIRI mengalami dua sisi anugerah Tuhan: ada PROSES YANG BERAT untuk menuju PROMOSI BESAR

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda memandang segala tantangan dan permasalahan Anda saat ini?
2. Mengapa dibutuhkan proses yang berat dalam promosi yang besar?
3. Bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri mengalami dua sisi anugerah Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya, Bapa, sekarang kami menyadari, ada dua sisi dalam anugerah-Mu. Sebagaimana kami menantikan berkat-Mu, berikanlah kamu keteguhan hati dalam menghadapi setiap tantangan yang Kau izinkan terjadi. Biarlah kami dapat melihat campur tangan-Mu dalam segala sesuatunya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 95, 97-99

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.