Rahasia hidup dalam tuntunan Tuhan yang ajaib

BACAAN HARI INI
Yesaya 48:12-19

RHEMA HARI INI
Yesaya 48:17 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh.

Hidup dalam tuntunan Tuhan adalah salah satu anugerah terbesar bagi kita anak-anak-Nya. Namun, tampaknya hal ini juga merupakan masalah terbesar bagi kita. Seberapa sering kita menemukan diri kita berdiri di persimpangan dan merasa tidak yakin jalan mana yang Tuhan kehendaki? Lalu kita berharap, seandainya Tuhan memberikan kita peta kehidupan yang telah dirancang-Nya khusus bagi kita, tentu kehidupan kita akan menjadi lebih mudah. Namun satu hal yang pasti, Tuhan tidak akan pernah memberikan kita peta tersebut.

Saat memberikan petunjuk kepada orang-orang Majus bahwa seorang Raja yang istimewa telah terlahir ke dunia ini, Allah pun tidak memberikan mereka peta menuju ke Betlehem. Para orang Majus itu tidak tidak tahu di mana tepatnya bayi Yesus berada, tetapi melalui sebuah bintang, Allah menuntun mereka langkah demi langkah. Perjalanan itu tentu tidaklah mudah dan memakan waktu yang lama. Setiap hari, mereka harus berhenti dan menunggu tibanya malam hari. Bayangkan kegelisahan mereka ketika tidak dapat melanjutkan perjalanan dan kegembiraan mereka saat bintang itu muncul kembali di langit malam.

Sikap hati seperti itulah yang Tuhan rindukan dari kita. Seperti orang Majus yang memfokuskan diri mengikuti petunjuk bintang, Tuhan ingin kita mengarahkan hati dan pikiran kepada tuntunan-Nya. Kita tidak bisa hanya berdoa sepintas lalu, kemudian sibuk memenuhi hidup dengan keinginan dan pemikiran kita sendiri. Sediakanlah diri sepanjang hari untuk terkoneksi dengan Tuhan melalui doa, pujian penyembahan, perenungan firman, dan persekutuan intim yang terus-menerus di dalam hati. Saat kita menanti-nantikan-Nya seperti ini, hidup kita pun akan menarik perkenanan Tuhan yang luar biasa. Benar, kita tidak memerlukan peta kehidupan, sebab Tuhan sendiri yang akan berjalan bersama kita. Saat kita melangkah bersama-Nya, Tuhan akan mengungkapkan rencana-Nya, sedikit demi sedikit. Demikianlah kita mengalami hidup yang dipenuhi tuntunan-Nya yang ajaib. (MV.L)

RENUNGAN
RAHASIA hidup dalam TUNTUNAN TUHAN YANG AJAIB adalah MENANTI-NANTIKANKAN-NYA, bukannya membuat Tuhan menanti-nantikan kita

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud menanti-nantikan Tuhan? Apakah hubungannya dengan tuntunan Tuhan yang ajaib?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda menanti-nantikan-Nya?
3. Bagaimana Anda dapat menanti-nantikan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ampuni kami apabila selama ini kami kurang sabar menanti-nantikan-Mu. Ajarkan kami bagaimana caranya untuk dapat berjalan bersama-Mu dalam setiap langkah hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Amsal 1-3

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.