Bersiap menghadapi tuaian besar

Bersiap menghadapi tuaian besar

BACAAN HARI INI
Yesaya 41:9-13

RHEMA HARI INI
Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Saat ini kita berada di awal tahun 2018. Tahun yang kita percaya sebagai tahun Great Harvest, tahun Penuaian Besar. Seharusnya, saat memasuki tahun ini, kita bersemangat karena akan mendapat tuaian besar. Namun pada kenyataannya, sekarang ini, apakah ada di antara kita yang keadaannya justru bertolak belakang dengan yang namanya panen raya? Alih-alih mendapat kemajuan atau kelimpahan, mungkin ada di antara kita yang kondisi pekerjaan dan keuangannya malah sedang terpuruk, atau kesehatannya menurun serta tak kunjung sembuh. Mungkin juga, keadaan kita atau orang-orang yang kita doakan tak kunjung ada perubahan. Apa yang kita harapkan dan kita nanti-nantikan entah kapan dapat terwujud.

Mungkin kita bertanya-tanya dan mulai berpikir, “Panen ini bukan untuk saya. Bisa saja terjadi dalam kehidupan orang lain, tetapi bukan dalam kehidupan saya.” Sebelum mulai tawar hati dan iman kita melemah, marilah bersungguh-sungguh meresapi firman rhema dari Tuhan hari ini. Jangan takut. Jangan bimbang. Tuhan berjanji, Dia akan menolong kita. Ketahuilah, apa pun keadaan kita saat ini, itu adalah tanda bahwa kita sedang dipersiapkan untuk menghadapi tuaian besar. Justru saat ini, mentalitas dan karakter kita sedang dilatih. Sebab dibutuhkan kekuatan, kegigihan, dan semangat pantang mundur dalam sebuah panen raya.

Jadi bersiaplah, jangan pernah undur dari apa pun yang sedang kita usahakan saat ini. Bangkitkan lagi semangat yang mulai lesu. Lebih tekun lagi. Bekerja lebih keras lagi. Seperti pelangi yang hanya muncul sehabis hujan, demikian juga tantangan dan rintangan hanyalah sesuatu yang mendahului berkat besar yang akan kita terima. Buang keraguan dan tak perlu berkecil hati, karena Tuhan kita besar. Dia sanggup membawa kita melalui segala rintangan. Ya, tangan kanan-Nya yang kuat akan memegang kita dan membawa kita pada kemenangan demi kemenangan, dari tuaian besar sampai tuaian besar lainnya.

RENUNGAN
Saat memasuki MASA TUAIAN BESAR, kita akan menghadapi TANTANGAN dan RINTANGAN BERAT

APLIKASI
1. Apa harapan Anda di tahun ini? Apa sajakah tantangan dan rintangan yang saat ini tengah menghadang Anda?
2. Mengapa dalam masa tuaian besar kita malah menghadapi tantangan dan rintangan yang berat?
3. Apa yang bisa Anda lakukan untuk melalui segala tantangan dan rintangan tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kuatkanlah kami, singkirkan keraguan dan ketakutan dalam hati kami. Apa pun yang sedang kami kerjakan saat ini, biarlah semua itu demi kemuliaan nama-Mu. Kami percaya Engkau menyertai kami. Bersama-Mu kami pasti dapat mengatasi segala tantangan dan rintangan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 20-21

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.