Mengembangkan hati penuh ucapan syukur

Mengembangkan hati penuh ucapan syukur

BACAAN HARI INI
Mazmur 73:1-28

RHEMA HARI INI
Mazmur 73:1-3 Mazmur Asaf. Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya. Tetapi aku, sedikit lagi maka kakiku terpeleset, nyaris aku tergelincir. Sebab aku cemburu kepada pembual-pembual, kalau aku melihat kemujuran orang-orang fasik.

“Perlakukan milik kita, sekecil apa pun itu, sebagai pemberian Tuhan yang terbaik,” kata seorang pengusaha sukses di tengah wawancaranya. Kemudian ia bercerita, saat memulai usahanya, situasi perekonomian sedang tidak menentu. Harga kebutuhan pokok juga melambung tinggi. Meski setiap bulan hasil usahanya masih mencukupi kebutuhan sehari-hari, tetapi rasa cemas tetap melandanya setiap saat. Belum lagi ia melihat teman-teman bisnisnya yang tidak mengenal Tuhan, tetapi penghasilannya melimpah. Hatinya pun diliputi rasa iri dan ia mulai bersungut-sungut. Lama-kelamaan, timbul rasa muak terhadap pekerjaannya sendiri. Ia merasa percuma berusaha keras dan mulai bermalas-malasan. Tidak heran jika usahanya semakin terpuruk. Di titik krisis itulah, ia menyadari bahwa ia melupakan Tuhan, dan mengeluh tidak akan mendatangkan berkat-Nya. Lalu ia belajar menghadapi kesulitan dengan senyum dan doa. Apa pun yang terjadi, ia tetap fokus pada Tuhan, Sang Sumber Berkat. Bersyukur, hanya itulah rahasia suksesnya.

Benar, isilah hari-hari kita dengan ucapan syukur. Boleh jadi sifat manusia tidak pernah merasa puas, tetapi jangan sampai kita terjebak dalam keinginan kita yang tidak ada habisnya. Jangan sampai kekosongan hati kita diisi oleh keserakahan. Nikmati apa yang sudah Tuhan berikan. Belajarlah mencukupkan diri dengan apa yang sudah ada. Bijaklah dalam mengelola apa yang sudah Tuhan berikan.

Yang terutama, awalilah hari dengan senyum, bersyukur, dan berdoa. Ketiga hal tersebut yang akan memberikan “daya” untuk mengisi hari-hari kita dengan optimis, apa pun kondisi kita saat ini. Senyum akan memberi rasa nyaman dalam diri kita dan memberikan keteduhan bagi setiap orang yang kita jumpai sepanjang hari. Bersyukurlah karena masih diberi kesempatan pada hari ini untuk merenda berkat dan kemurahan Tuhan. Hati yang dipenuhi rasa syukur itulah yang akan membuat berkat Tuhan turun melimpah atas kita dan kita pun boleh menikmati kehidupan yang luar biasa.

RENUNGAN
BELAJAR MENIKMATI segala sesuatu yang sudah TUHAN BERIKAN menolong kita MENGEMBANGKAN HATI yang penuh UCAPAN SYUKUR

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menikmati apa yang Anda miliki dalam hidup Anda? Mengapa?
2. Mengapa Anda perlu belajar menikmati apa pun yang sudah Tuhan berikan dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda dapat belajar menikmati apa yang sudah Tuhan berikan kepada Anda saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami bersyukur memiliki Allah seperti Engkau, yang senantiasa menuntun setiap langkah kaki kami. Di saat kami lemah, berikanlah kekuatan kepada kami, agar kami dapat mengucap syukur. Sehingga kami dapat melihat jalan di dalam-Mu. Kami menyadari, terlebih dari apa pun, kami membutuhkan Engkau dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.