Rahasia memiliki hati yang bersyukur

Rahasia memiliki hati yang bersyukur

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:5-24

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:13-14 Jawab Yesus kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

Udara hari ini terasa sangat panas. Meski Rika bekerja dalam ruangan, ia tetap saja merasa gerah. Rasa haus pun menyeruak ke tenggorokannya. Sejenak ia melirik ke ruang pantry. Hanya berjalan beberapa langkah, ia bisa menemukan air putih untuk melegakan dahaganya. Namun, entah mengapa ia tidak merasa tertarik. Lalu ia mengambil dompet, berjalan keluar dari gedung kantor, dan mencari pedangang es cincau. Untuk sesaat tenggorokannya terasa disegarkan dan ia merasa puas. Namun, tak lama kemudian tenggorokannya kembali seret, malah terasa lebih kering dibandingkan sebelumnya.

Sebenarnya, hal yang serupa juga sering terjadi dalam kehidupan rohani anak-anak Tuhan. Ketika kekosongan, kehampaan, dan kesepian melanda, mereka justru mencari kepuasan dari dunia. Kita senang menghabiskan waktu dan uang kita untuk sesuatu yang bersifat hura-hura. Namun, sesampai di rumah, kita kembali merasakan kehampaan seperti biasanya. Bahkan lebih berat dari sebelumnya, sehingga kita tidak lagi bisa mengucap syukur atau bersukacita atas semua hal baik yang terjadi dalam hidup kita.

Seperti yang kita ketahui, kehausan yang dirasakan tubuh kita merupakan sirene, alarm, atau peringatan bahwa tubuh kita kekurangan air. Demikian juga dengan kekosongan yang kita rasakan. Sebenarnya itu merupakan tanda dari Tuhan bahwa roh kita tengah mengalami “dehidrasi”. Ketika kita datang kepada-Nya, Dia tidak hanya akan mengisi kirbat hati kita yang kosong, Dia bahkan akan menggantikannya dengan sumur yang memancarkan air kehidupan. Air kehidupan yang membawa kelegaan, sukacita, damai sejahtera, dan pengucapan syukur. Oleh karena itu, awali dan akhirilah setiap hari dengan datang kepada-Nya. Hanya sebuah kebiasaan kecil. Namun bisa membawa dampak yang luar biasa bagi hidup kita. Ya, hanya Dialah, sumber air kehidupan yang dapat memberikan kita kelegaan sejati dan kehidupan yang luar biasa yang penuh pengucapan syukur kepada Tuhan.

RENUNGAN
Menyadari bahwa HANYA TUHAN YANG SANGGUP memuaskan hidup kita adalah AWAL dari KEHIDUPAN LUAR BIASA yang penuh ucapan syukur

APLIKASI
1. Saat Anda merasa kosong atau hampa, apakah yang biasanya Anda cari atau lakukan? Bisakah hal itu memberikan kepuasan sejati?
2. Menurut Anda, bagaimana Anda dapat memperoleh kepuasan yang sejati?
3. Bagaimana caranya supaya kehidupan Anda boleh dipenuhi dengan pengucapan syukur?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih atas kehidupan yang luar biasa yang sudah Tuhan beri. Kami menyadari bahwa hanya Engkau yang sanggup memuaskan dahaga dalam hidup kami. Kami berkomitmen untuk senantiasa mengawali dan mengakhiri hari kami dengan pengucapan syukur. Ingatkankan kami untuk selalu mendekat kepada-Mu, sehingga kami boleh dilimpahi dengan air kehidupan yang memberkati banyak orang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.