Fondasi terpenting dari manusia roh

Fondasi terpenting dari manusia roh

BACAAN HARI INI
Ibrani 11:1-40

RHEMA HARI INI
Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Pak Jose memiliki tiga anak yag mulai beranjak dewasa. Tio, Riko, dan Ricky. Suatu hari, ketiga anaknya mendatangi Pak Jose dan meminta bagian warisan. Mereka ingin belajar hidup mandiri dengan membangun rumah sendiri. Pak Jose pun menyetujuinya. Tio, si bungsu bergegas membuat rumahnya dari jerami, dengan cepat rumah itu selesai dibangun. Lalu, Riko, anak kedua membangun rumahnya dari kayu, dan selang beberapa waktu rumahnya pun selesai. Berbeda dengan kedua adiknya, Ricky masih sibuk membangun rumahnya. Ia menggali tanah, membuat fondasi dari batu dan campuran semen. Di saat kedua adiknya sudah bersantai-santai, Ricky masih terus membangun rumahnya. Butuh waktu yang cukup lama sampai rumah yang Ricky bangun selesai. Suatu kali, angin topan datang melanda daerah mereka. Rumah jerami Tio langsung tersapu angin. Rumah Riko pun mulai lepas satu per satu kayunya dan akhirnya roboh. Sedangkan rumah Ricky tetap kokoh berdiri meski badai besar datang melanda rumahnya.

Dalam kehidupan kita, setiap hari kita pun diperhadapkan dengan berbagai tantangan, masalah, maupun badai kehidupan. Di situlah kita diuji, apakah kita sudah menjadikan iman sebagai fondasi manusia roh, atau sebaliknya, kita menjadi goyah ketika permasalahan datang? Kita mungkin tidak pernah tahu apa yang akan terjadi maupun alami, tetapi ketika kita memiliki iman, iman itu yang memberikan kita kepastian dan keyakinan mengenai hari esok kita di tangan Tuhan.

Alkitab berkata bahwa iman timbul dari pendengaran kita akan firman Tuhan (Rm. 10:17). Saat kita mendengar firman Tuhan, di situlah iman kita dibangun dan manusia roh kita semakin dikuatkan. Dengan demikian, iman menjadi kunci pertama menuju pertumbuhan rohani tanpa batas. Dengan iman sebagai fondasi, kita pun bisa menjadi Spiritual Giant. Teruslah jaga dan miliki iman yang kuat kepada Tuhan, sehingga manusia roh kita pun semakin kuat. (LEW)

RENUNGAN
IMAN adalah FONDASI paling penting untuk kehidupan MANUSIA ROH kita

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menjadikan iman sebagai fondasi hidup Anda? Jika sudah maupun belum, mengapa?
2. Hal-hal apa yang menghalangi Anda dalam menjadikan iman sebagai fondasi kehidupan Anda?
3. Bagaimana Anda dapat semakin menguatkan iman Anda kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ajarkanlah kami selalu memiliki iman kepada-Mu, iman yang menjadi fondasi utama dalam kehidupan kami. Meskipun kami mengalami perkara yang sulit dan mustahil, kami percaya Engkau sudah memberikan jalan keluar bagi kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.