Memiliki kehidupan doa yang kuat

Memiliki kehidupan doa yang kuat

BACAAN HARI INI
Efesus 6:11-18

RHEMA HARI INI
Efesus 6:18b Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus

Saat masih lajang, Tia terlibat aktif dalam pelayanan dan memiliki kehidupan doa yang cukup baik. Namun, setelah menikah dan punya anak, ia mulai sibuk dengan keluarganya. Jam-jam doa dan saat teduhnya terlewatkan begitu saja. Lama-kelamaan, ia semakin mudah tertekan oleh berbagai persoalan. Kemudian Tuhan mulai mengingatkannya akan pentingnya membangun manusia rohani. Ia pun mulai ikut doa puasa. Bukan itu saja, ia juga melibatkan diri dalam pelayanan kunjungan jemaat bersama suaminya. Bersama suaminya, Tia berkomitmen membangun hubungan yang lebih intim lagi dengan Tuhan. Salah satunya dengan adanya jam doa khusus. Tuhan pun bekerja dalam setiap pelayanannya, yang sakit didoakan dan menjadi sembuh, yang terikat mengalami kelepasan serta menjadi percaya Tuhan. Saat kehidupan doa Tia menjadi kuat, iman rohaninya pun semakin bertumbuh kuat, sehingga banyak hal luar biasa Tuhan kerjakan dalam hidup dan pelayanannya.

Di dalam Alkitab juga ada banyak sekali tokoh iman yang berhasil dalam hidupnya. Jika kita pelajari lebih jauh, keberhasilan mereka tidak lepas dari doa. Mereka yang berhasil bukanlah mereka yang malas-malasan dalam berdoa. Mereka yang memiliki kehidupan doa yang kuatlah yang mengalami perkara-perkara dasyat dalam sejarah hidup serta pelayanan mereka. Ibarat pohon yang bertumbuh besar, ia akan kuat menghadapi terpaan angin besar karena akarnya menancap kuat di dalam tanah.

Jika kita ingin membangun kapasitas roh kita, tidak ada cara lain yang bisa kita gunakan selain berdoa. Doa yang sungguh-sungguh bukan hanya membuat doa kita dijawab Tuhan, tetapi juga membuat kita bertumbuh kuat secara roh. Teruslah bangun kehidupan doa kita. Jadikan doa sebagai kebiasaan yang akan terus menguatkan hidup kita, sehingga kita dapat menjadi orang yang kuat di dalam roh dan menjadi raksasa iman yang bisa mengalahkan setiap permasalahan hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Tanpa KEHIDUPAN DOA YANG KUAT, tidak ada orang yang bisa BERTUMBUH KUAT DALAM ROH dan menjadi RAKSASA ROHANI

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki kehidupan doa yang kuat? Jika belum, mengapa?
2. Apa sajakah penghalang dalam membangun kehidupan doa Anda? Sebutkan!
3. Apakah yang akan Anda lakukan supaya Anda bisa memiliki kehidupan doa yang kuat?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih untuk anugerah-Mu dalam hidup kami. Kami rindu menjadi orang yang bertumbuh kuat dalam roh kami dan bisa menjadi raksasa rohani yang mampu mengalahkan setiap permasalahan hidup kami. Ajari kami memiliki kehidupan doa yang kuat, ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.