Doa orang yang benar , Doa tidak sia-sia

Doa orang yang benar , Doa tidak sia-sia

BACAAN HARI INI
Yakobus 5:12-20

RHEMA HARI INI
Yakobus 5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Greg Pruett adalah seorang insinyur, ahli bahasa, dan penerjemah Alkitab. Ia meceritakan kisahnya ketika berada di Guinea, Afrika Barat, untuk menjalani perannya sebagai Ketua Bible Translators di tahun 2008. Resesi besar menghisap dolar dari ekonomi dan kepercayaan publik. Catatan keuangan organisasi pelayanan itu mengindikasikan adanya terjun bebas menuju kebangkrutan. Greg tidak berpengalaman dalam memimpin organisasi semacam itu. Ia tidak tahu bagaimana harus memotong biaya-biaya mereka. Sumber-sumber mereka sedikit, dan para donatur menghilang.

Greg hanya mengetahui satu respon: doa. “Saat itulah saya mulai belajar untuk tidak mendoakan strategi-strategi saya, tapi untuk menjadikan doa sebagai strategi saya.” Pada bulan Juli ia menulis surat setengah halaman kepada para rekan setimnya di seluruh dunia, meminta mereka untuk berdoa. Ia mendorong mereka untuk berdiri di hadapan tahkta Allah dengan permintaan-permintaan yang berani dan spesifik. Mereka melakukannya. Greg mendeskiripsikan hasilnya: Ketika saya melihat laporan akhir tahun, saya tahu Allah telah mendengar doa-doa kami. Mata saya tergenang air mata. Jika seorang ahli keuangan menganalisis grafik ini, ia akan menunjuk pada laporan bulan Juli dan berkata, “Apa yang Anda lakukan disini? Apapun itu, Anda perlu melakukannya jauh lebih sering!” Saya berusaha keras mencari penjelasan yang konkret. Saya ingin menemukan tren-tren untuk menjelaskan keberhasilan itu, jadi kami bisa melakukannya lagi. Saya tak pernah bisa menemukannya. Saya hanya tahu Allah menyediakan. Yang saya miliki hanyalah Allah dan doa.

Mungkin yang Anda miliki saat ini juga hanya Allah dan doa. Masalah besar sedang mengancam Anda. Kekecewaan, tipu daya, kekalahan, kehancuran, kematian seperti mengintai di sekitar Anda. Jangan mundur sedikitpun. Responi dengan doa yang tulus, kontinyu dan berani. Ingat, doa orang benar bila dengan sungguh-sungguh didoakan, sangat besar kuasanya. Bangkitlah dalam doa yang sungguh-sungguh, dan lihatlah keajaiban demi keajaiban akan Tuhan nyatakan dalam hidup Anda.

RENUNGAN
Waktu yang DILUANGKAN UNTUK BERDOA adalah waktu yang TIDAK PERNAH SIA-SIA.

APLIKASI
1. Saat menghadapi masalah, respon apa yang pertama kali muncul dari diri Anda?
2. Bagaimana doa dapat menolong Anda memiliki iman yang mantap untuk menghadapi segala sesuatu dalam hidup Anda?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk membiasakan diri menghadapi segala sesuatu dengan doa?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami mohon ampun kalau selama ini kami seringkali masih mengandalkan diri kami sendiri. Ingatkan kami untuk selalu membawa segala sesuatu kepada Engkau terlebih dahulu di dalam doa. Kami percaya ada kuasa di dalam doa yang dinaikkan dengan sungguh-sungguh kepada-MU. Tolong kami untuk membangun kehidupan doa kami dengan konsisten sehingga iman kami terus dibangun dan kami bisa Engkau pakai melakukan hal-hal besar dan memuliakan nama-MU. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.