Membangun kehidupan doa

Membangun kehidupan doa

BACAAN HARI INI
Mazmur 92:1-15

RHEMA HARI INI
Mazmur 92:2-3 Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi, untuk memberitakan kasih setia-Mu di waktu pagi dan kesetiaan-Mu di waktu malam

Ibu Widya sangat bersyukur dengan berkat atas keluarganya. Menurutnya, kehidupan keluarganya sangat diberkati Tuhan. Secara materi keluarga ibu Widya bukanlah keluarga yang kaya, tetapi ibu Widya merasakan bahwa kasih Tuhan selalu melimpah bagi keluarganya. Perjalanan kehidupan ibu Widya penuh dengan cerita kesaksian tentang kebaikan Tuhan. Hampir semua pergumulan dijawab Tuhan dengan luar biasa. Pekerjaan Tuhan yang sangat nyata dalam kehidupan keluarga ibu Widya ini menumbuhkan semangat untuk selalu bersyukur dan berpengharapan kepada Tuhan. Setiap pagi keluarga ibu Widya mengawali hari dengan berdoa, bersyukur atas karunia hari baru dan kekuatan yang Tuhan sudah beri serta memohon berkat agar dapat menjalani hari seturut kehendakNya. Di akhir doa pagi suami ibu Widya memohon berkat agar seluruh anggota keluarga disertai Tuhan senantiasa dalam seluruh aktivitasnya. Pada malam hari sebelum tidur, mereka berkumpul kembali, masing-masing berbagi kisah tentang berkat dan kebaikan Tuhan yang sudah mereka terima sepanjang hari, dan kemudian menutup dengan doa malam yang penuh ucap syukur dan terima kasih kepada Tuhan.

Semua orang pasti menghadapi berbagai pergumulan hidup. Pergumulan ini menjadi beban bagi setiap orang. Kapasitas orang dalam memikul beban ini beragam. Cara memperlakukan beban ini pun beraneka macam. Ada orang yang merasa kuat menanggungnya sendiri tanpa bantuan siapapun dan ada orang yang butuh kuasa lain untuk membantu melepaskan beban-bebannya. Maka kemudian, ada banyak cerita tentang orang yang terjerat dengan kecanduan, yang biasanya dijadikan sebagai pelarian terhadap beban masalah yang tengah dihadapi. Akhir cerita dari orang-orang ini seringkali tragis. Sedangkan orang-orang yang berhasil menemukan kekuatan dari Tuhan, akan selalu mendapatkan anugerah dan jalan keluar atas setiap pergumulan beban hidupnya.

Permasalahan dan pergumulan hidup bisa muncul setiap hari. Untuk menjadi raksasa rohani yang selalu bisa mengatasi pergumulan hidup, diperlukan kuasa yang berasal dari ALLAH dan ditentukan oleh seberapa besar pengurapan ALLAH dalam diri kita. Kuasa Allah ini hanya bisa didapatkan dengan membangun kehidupan doa yang sungguh-sungguh. Hanya dengan membangun kehidupan doa yang sungguh-sungguh maka roh kita akan semakin diperkuat untuk bertumbuh menjadi raksasa rohani. Karena itulah, untuk dapat mengalahkan setiap permasalahan setiap hari marilah kita mengawali hari dengan doa yang penuh iman dan firman, dan selalu menutup hari dengan doa ucap syukur karena Tuhan selalu memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita untuk menghadapi setiap permasalahan yang ada.

RENUNGAN
Jadikan doa sebagai kunci pembuka di pagi hari dan gembok penutup di malam hari untuk menjadi raksasa rohani.

APLIKASI
1. Apa sajakah beban pergumulan yang sedang Anda hadapi?
2. Bagaimanakah cara Anda menghadapinya ?
3. Apa yang Tuhan perintahkan agar kita lakukan agar kita mampu mengatasi setiap pergumulan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami bersyukur atas semua berkat anugerahMu. Kami juga bersyukur atas setiap pergumulan kami karena kami percaya bahwa selalu ada penyertaan Tuhan dalam pergumulan kami. Kami memohon kepadaMu agar kami dimenangkan atas setiap pergumulan dan berilah kami kerinduan agar kami semakin sungguh-sungguh menumbuhkan iman, firman, dan doa kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.