Izinkan Roh Kudus mengendalikan kehendak kita

Izinkan Roh Kudus mengendalikan kehendak kita

BACAAN HARI INI
Galatia 5:16-26

RHEMA HARI INI
Galatia 5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Lilo, seorang remaja yang masih duduk di bangku SMA, pemuda desa yang sekarang bersekolah di kota. Sebenarnya Lilo adalah juara kelas sewaktu SMP. Namun, ia mulai terbawa kebiasaan buruk teman-temannya di SMA. Awalnya, ia ditawari rokok temannya. Karena malu diejek, ia pun mencobanya. Lama-kelamaan, merokok menjadi kebiasaan Lilo. Bukan itu saja, teman-temannya juga memperkenalkan minuman keras hingga obat-obatan terlarang. Demi memenuhi kebutuhannya akan obat-obatan terlarang, ia mulai berani mencuri. Lilo pun banyak membolos dan tidak mengikuti pelajaran di sekolah. Tak lama, prestasi di sekolahnya menurun drastis dan ia terancam dikeluarkan dari sekolah.

Lilo adalah salah satu contoh dari sekian banyak anak muda yang terjerumus karena menuruti dorongan hawa nafsu dalam hidupnya. Nafsu yang pada akhirnya merusak hidup dan bahkan masa depan mereka. Ya, masa muda adalah masa yang menyenangkan. Kita masih bebas melakukan apa saja dan bergaul dengan siapa saja, tanpa beban atau tekanan. Namun, godaan hawa nafsu pada masa muda sangatlah besar. Jika kita tidak berhati-hati dan menjaga pergaulan kita, kita bisa terbawa arus dan terjatuh ke dalam dosa.

Memang tak mudah jika kita mengandalkan kekuatan kita sendiri untuk mengalahkan dorongan hawa nafsu tersebut. Kita perlu melibatkan Roh Kudus dalam hidup kita. Dia yang akan membantu agar kita bisa mengendalikan kehendak kita, sehingga kita bisa menang mengalahkan godaan-godaan kehidupan tersebut. Jika kita hidup di dalam roh, kita akan mengalami kepenuhan Roh Kudus. Meskipun iblis akan terus menggoda kita dengan berbagai cara supaya kita terjerumus di dalam dosa, kita pun bisa menahan diri untuk tidak menuruti keinginan daging. Izinkalah Roh Kudus mengendalikan kehendak kita, sehingga hawa nafsu kita diubahkan menjadi keinginan yang kudus. Ketika kita berkobar-kobar oleh Roh Kudus, kita akan mengalami kemerdekaan dari hal-hal yang merusak diri sendiri, sehingga kita pun boleh hidup dalam kemerdekaan sejati. (LEW)

RENUNGAN
Berhentilah hidup di bawah DORONGAN HAWA NAFSU yang menghancurkan, izinkan ROH KUDUS MENGENDALIKAN KEHENDAK kita

APLIKASI
1. Apakah Anda masih sering menuruti dorongan hawa nafsu dalam hidup Anda? Jika ya atau tidak, mengapa?
2. Apa sajakah hawa nafsu yang belum bisa Anda hindari saat ini?
3. Apa komitmen Anda agar Anda bisa berhenti dari dorongan hawa nafsu yang menghancurkan hidup Anda sendiri?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajarilah kami untuk tidak menuruti keinginan jasmani kami, dan berhenti hidup di bawah dorongan hawa nafsu yang menghancurkan. Biarlah Roh Kudus selalu mengendalikan hidup kami. Sehingga kami mengalami kemerdekaan dari hal-hal yang merusak diri. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.