Bebas dari rasa ber salah

Bebas dari rasa ber salah

BACAAN HARI INI
1 Petrus 2:16-25

RHEMA HARI INI
1 Petrus 2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Saat masih remaja, Robi adalah anak yang sangat bandel dan suka melawan orangtua. Sampai-sampai ibunya sering mengutuknya. Namun Robi tidak peduli, malah semakin menjadi-jadi kenakalannya. Kini kedua orangtuanya sudah tidak ada dan Robi sering menemui kesulitan serta kegagalan. Ia bertanya-tanya apakah itu karena kutukan ibunya. Rasa bersalah selalu menghantuinya, andai saja dulu ia tidak menjadi sumber kesusahan kedua orangtuanya. Namun kini sudah terlambat, ia tidak bisa lagi meminta maaf. Sebagai pelampiasan, Robi sering lari kepada alkohol dan rokok. Ia sebenarnya tahu hal ini merusak kesehatannya sendiri, tetapi ia tidak peduli dan tidak menyayangkan dirinya. Ia merasa pantas dihukum atas kesalahan yang telah ia perbuat.

Mungkin kita pun ada yang mempunyai beban rasa bersalah atau merasa ada suatu kutukan dalam hidup kita akibat dosa masa lampau. Baik dosa kita ataupun pendahulu kita, dan kita tidak tahu bagaimana mengatasinya. Namun ketahuilah, ketika Tuhan Yesus yang tidak berdosa harus menanggung hukuman mati di kayu salib, Dia sedang menanggung dosa-dosa kita. Dia mengorbankan diri-Nya supaya kita yang seharusnya tidak bisa diampuni lagi, bisa beroleh kesempatan.

Ya, ketika tangan-Nya terentang di atas kayu salib, Yesus telah memerdekakan kita. Semerah apa pun dosa kita dan sehitam apa pun kesalahan kita, semua telah dihapus, dicuci bersih dengan curahan darah-Nya. Tuhan Yesus telah mengalahkan dunia. Dosa kita sudah diampuni. Tidak ada lagi kutuk kemiskinan, sakit-penyakit, atau kutuk-kutuk lainnya. Semua sudah dipatahkan, dan kita adalah orang yang merdeka di dalam Yesus. Tergantung apakah kita percaya atau tidak bahwa semua sudah dibayar lunas oleh Yesus. Jangan lagi mau ditipu iblis yang selama ini menjajah kita dengan perasaan bersalah berlebihan dan berkepanjangan. Mulailah babak baru dalam kehidupan kita bersama Tuhan Yesus, maka kita akan menikmat kemerdekaan sejati dari-Nya. (PF)

RENUNGAN
Saat RASA BERSALAH YANG BERKEPANJANGAN merongrong kita, ingatlah apa yang SUDAH YESUS LAKUKAN bagi kita DI KAYU SALIB

APLIKASI
1. Apakah Anda sering didera perasaan bersalah? Apakah penyebabnya?
2. Percayakah Anda dengan karya penebusan Yesus dikayu salib? Mengapa Yesus mau mengorbankan diri-Nya?
3. Bagaimana seharusnya Anda memaknai kematian Yesus di kayu salib ganti kita?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih, Engkau begitu mengasihi kami. Ampunilah kami karena sering kali kami tidak menyadari begitu berharganya kami di mata-Mu, hingga kami tidak menjaga hati dan badan kami. Tuhan, kami tahu sekarang bahwa Engkau telah mengampuni dan membebaskan kami dari segala dosa dan kesalahan di masa lalu. Pimpin terus langkah kami mulai hari ini, agar apa saja yang kami perbuat berkenan dan sesuai dengan kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.