Perbesar kapasitas untuk kepercayaan yang lebih besar

Perbesar kapasitas untuk kepercayaan yang lebih besar

BACAAN HARI INI
Yesaya 54:1-17

RHEMA HARI INI
Yesaya 54:2 Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!

Beberapa waktu lalu, Indonesia dihebohkan dengan aksi Joni, pemanjat tiang bendera setinggi dua belas meter. Bocah kelas 1 SMP ini menyelamatkan prosesi pengibaran bendera merah putih di kabupaten Belu, NTT. Apa yang ia lakukan membuat mata bangsa ini tertuju padanya. Sampai bapak presiden pun ikut memberikan apresiasi atas tindakannya yang berani. Kemampuannya tersebut ternyata tanpa sengaja terpupuk melalui kesetiaannya membantu orangtuanya bekerja setiap pulang sekolah. Joni selalu memanjat dan mencari buah asam untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Di situlah, dari hari ke hari keahliannya memanjat terpupuk. Sebagai anak bungsu dari sembilan bersaudara, bisa saja ia menolak dan memilih untuk bersantai di rumah. Bukankah ia memiliki banyak kakak yang bisa diandalkan? Namun, tidak demikian dengan Joni. Ia memilih untuk bayar harga. Ia memilih untuk kerja keras, mengeluarkan keringat, tenaga, serta merelakan waktu bermainnya. Rasa tanggung jawabnya sebagai seorang anak sedemikian terpupuk. Bahkan, sebagai anak bangsa ia tidak tinggal diam melihat bendera merah putih terkulai begitu saja.

Dalam alkitab, kita juga dapat melihat si bungsu Daud, yang mengerjakan apa yang diperintahkan orangtuanya dengan penuh tanggung jawab. Menghadapi singa dan beruang saat menggembalakan domba-dombanya adalah makanan harian Daud. Tanpa ia sadari, ternyata itulah cara Tuhan mempersiapkan dan melatih Daud untuk mengalahkan Goliat.

Apa pun yang ada di hadapan kita, yang Tuhan izinkan untuk kita kerjakan, bukanlah kebetulan. Mulailah setia pada perkara kecil. Karena itulah cara Tuhan mempersiapkan kita. Kita hanya perlu memperbesar kapasitas hati kita untuk bayar harga. Untuk bekerja serta belajar lebih keras dan lebih sungguh lagi, agar kita siap menerima tanggung jawab atau kepercayaan yang lebih besar dari Tuhan. Sehingga kita juga bisa naik ke level yang lebih tinggi, dengan kepercayaan dan tanggung jawab yang lebih besar.

RENUNGAN
Rahasia pertama untuk menerima KEPERCAYAAN LEBIH BESAR dari Tuhan adalah MEMPERBESAR KAPASITAS HATI untuk BAYAR HARGA

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memperbesar kapasitas hati untuk bayar harga lebih lagi mengerjakan setiap tugas atau pekerjaan yang Tuhan izinkan untuk Anda selesaikan hari-hari ini?
2. Menurut Anda, bagaimana caranya agar kita dapat menerima kepercayaan yang lebih besar dari Tuhan?
3. Persiapan apa yang Tuhan ingin Anda pelajari, latih, dan kerjakan lebih lagi dalam hidup Anda? Sebutkan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas setiap persiapan yang Engkau berikan bagi kami. Apa pun yang ada di hadapan kami, akan kami kerjakan dengan setia dan penuh kesungguhan. Kami mau memperbesar kapasitas hati kami untuk bayar harga, sehingga kami siap menerima kepercayaan yang lebih besar dari-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.