LAYAK DIPAKAI UNTUK PEKERJAAN TUHAN

LAYAK DIPAKAI UNTUK PEKERJAAN TUHAN

BACAAN HARI INI
2 Timotius 2:15-26

RHEMA HARI INI
2 Timotius 2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

Emas dan perak disebut logam mulia karena sifatnya yang tahan korosi, tahan terhadap serangan senyawa-senyawa kimia lain, sulit didapat, dan tentu saja karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Emas adalah logam yang lunak, sehingga mudah ditempa, tetapi juga cukup kuat dan tidak mudah dihancurkan. Di zaman modern, emas menjadi lebih bermanfaat karena diketahui dapat menghantarkan panas dan listrik dengan baik. Karena sifat-sifat tersebut, kita memakai emas untuk membuat perhiasan, komponen komputer dan ponsel, bahkan pengobatan, serta masih banyak lagi kegunaannya yang penting.

Kita perlu menyadari adanya perkara yang lebih mulia dan kurang mulia. Apa yang akan dipercayakan kepada kita tergantung dari bagaimana hidup kita di mata Tuhan. Apakah kita tampil bak emas, perak, kayu, atau tanah. Sebab, tidak mungkin orang membuat mahkota dari kayu atau tongkat kerajaan dari tanah liat. Seperti emas dan perak yang harus dilebur dan ditempa terlebih dahulu untuk dapat dipakai, kita pun harus memurnikan segala kebiasaan dan sifat yang membuat kita tidak kudus di hadapan Tuhan. Semakin kita menyucikan diri dari hal-hal yang jahat, Tuhan akan memandang kita layak dipakai dalam setiap pekerjaan yang mulia.

Bila kita rindu dipakai Tuhan dalam perkara-perkara yang lebih besar, persiapkan diri kita sebaik-baiknya. Relakan hati saat Tuhan menempa kita dengan berbagai didikan-Nya. Dia akan membuat hati kita lunak, mudah dibentuk, tetapi sekaligus kuat dan tidak mudah dikalahkan oleh berbagai godaan. Jaga pikiran tetap murni dan positif. Sucikan diri dari yang jahat. Jadikan hati kita seperti emas murni yang mahal harganya, supaya kita layak untuk pekerjaan, posisi, kepercayaan, kedudukan, dan berkat yang mulia. Sebab Tuhan hanya akan mempercayakannya pada orang-orang yang berkenan kepada-Nya. Hanya kepada hamba-hamba yang berintegritas tinggi dan bisa dipercaya untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar dan dibawa ke level lebih tinggi. (PF)

RENUNGAN
Semakin kita MENYUCIKAN DIRI dari hal-hal yang jahat, semakin Tuhan memandang kita LAYAK DIPAKAI untuk setiap PEKERJAAN MULIA-NYA

APLIKASI
1. Periksalah diri Anda, ada dalam kategori apakah Anda saat ini: emas, perak, kayu, atau tanah?
2. Hal-hal apa yang membuat hidup Anda tidak suci?
3. Langkah apa saja yang akan Anda ambil untuk bisa menyucikan diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampuni kami yang sering tidak bisa menjaga kesucian diri kami. Tolong kami Tuhan agar kami kuat melawan segala godaan, mampukan kami untuk hidup dalam kekudusan, sebab tanpa pertolongan-Mu kami tidak akan mampu. Kami ingin menjadi hamba-Mu yang bisa dipercaya untuk melakukan pekerjaan mulia-Mu dan berguna bagi kerajaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.