Mempersiapkan diri untuk panen raya

Mempersiapkan diri untuk panen raya

BACAAN HARI INI
1 Petrus 2:1-16

RHEMA HARI INI
1 Petrus 2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

Seorang penginjil dijadwalkan berbicara dalam konferensi sehari di gereja. Namun, ia lupa mengatur bekernya dan terlambat bangun. Dalam usaha mengejar waktu, ia tergores pisau saat bercukur. Lalu ia mendapati bajunya kusut dan menghanguskannya karena menyetrika sambil membuat sarapan. Keadaan semakin buruk saat ia mendapati satu ban mobilnya kempes. Sementara waktu menipis, ia berhasil mengganti ban tersebut dan melaju ke jalan raya. Kalau ia cepat-cepat, ia mungkin hanya terlambat beberapa menit untuk sesi pertama. Ia pun melesat melintasi kota, menjumpai rambu larangan melintas dan menerobosnya. Karena aksinya tersebut, seorang polisi menghentikannya. Sambil melompat keluar dari mobil, si penginjil mengumpat dan berkata tajam, “Ayo, tilang saja saya, semuanya serba kacau hari ini.” Dengan tenang si polisi menanggapi, “Dulu saya juga mengalami hari-hari seperti itu sebelum saya menjadi Kristen.”

Terkadang, seperti penginjil itu, kita lupa bahwa sebelum melakukan apa yang Tuhan percayakan, kita perlu terlebih dahulu menjaga cara hidup kita. Sebab, lebih dari tugas pelayanan kita, sikap hidup kitalah yang orang lain nilai. Kalau hidup kita tidak benar, kita pun bisa menjadi batu sandungan.

Dengan menjaga kekudusan hidup dan melakukan banyak kebaikan, kita bukan hanya sedang mentaati firman Tuhan, tetapi juga menutup celah bagi si iblis untuk menjatuhkan kredibilitas anak-anak Tuhan. Demikianlah kita mempersiapkan diri sebagai penuai-penuai-Nya di akhir zaman. Karena itu, mendekatlah kepada Tuhan. Bangunlah kehidupan doa yang baik, agar hidup kita dapat menghasilkan buah-buah yang baik dan benar. Saat waktunya lawatan Allah tiba, kita pun telah siap dan Tuhan akan mempercayakan kita suatu bagian dalam panen raya yang lebih besar yang telah Dia rencanakan. Kita bukan lagi sekedar anak, tetapi Tuhan mengangkat kita ke level yang lebih tinggi lagi, yaitu rekan sekerja-Nya.

RENUNGAN
PERSIAPKAN DIRI untuk panen raya jiwa-jiwa, sebab LAWATAN ALLAH akan menghasilkan PANEN JIWA BESAR-BESARAN

APLIKASI
1. Menurut Anda, sudah siapkah Anda untuk lawatan Allah atas jiwa-jiwa? Mengapa?
2. Mengapa Anda perlu mempersiapkan diri untuk panen raya jiwa-jiwa?
3. Bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri Anda sebaik-baiknya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk karya keselamatan-Mu dalam hidup kami. Kami ingin turut mengambil bagian dalam lawatan besar-Mu atas bangsa ini, ya Bapa. Persiapkanlah hati dan hidup kami, agar kami bisa Engkau pakai sebagai penuai-penuai-Mu di akhir zaman ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.