Berdoa secara aktif

Berdoa secara aktif

BACAAN HARI INI
Matius 21:18-22

RHEMA HARI INI
Matius 21:21-22 Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi. Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

Seorang wanita muda terbaring di rumah sakit, jauh dari rumah dan keluarga. Dalam kondisi antara sadar tak sadar, berulang kali ia mendengar suara seorang wanita yang berdoa dan bernubuat tentang kesembuhannya. Suatu saat, seorang dokter menyampaikan kondisinya kepada mereka yang hadir di kamar itu bahwa ia mungkin tidak akan selamat. Samar-samar ia pun mendengar semua itu tanpa mampu merespons. Lalu ia mendengar suara kedua, suara yang berbicara dengan iman, “Dokter, saya menghormati apa yang Anda katakan, tetapi saya tidak bisa menerimanya. Saya sudah berdoa dan saya melihat bahwa ia selamat. Bukan hanya akan pulih, tetapi ia akan berjalan keluar dari sini dan hidup bagi Tuhan.”

Beberapa hari kemudian, wanita muda itu benar-benar keluar dari rumah sakit dan kembali bekerja. Saat itulah, ia mengetahui bahwa istri direktur di kantornya yang berdiri bernubuat baginya di samping ranjang rumah sakitnya. Ketika ia mengucapkan terima kasih kepada wanita itu atas doa-doanya, wanita itu menjawab, “Jangan berterima kasih kepadaku, berterima kasihlah kepada Tuhan. Orang lain secara aktif sudah berdoa dan bernubuat bagiku. Seperti doa mereka telah mengubah kehidupanku, aku percaya Tuhan mempunyai rencana besar bagimu.”

Memperkatakan perkara yang kita ingini terjadi ketika hal itu belum terjadi, berarti kita mengimani permintaan kita terjadi. Itulah awal dari jawaban doa-doa kita. Hari ini pun waktu yang baik untuk kita belajar melakukan apa yang Tuhan sudah ajarkan pada kita semua. Kita harus memiliki doa yang aktif. Berdoalah dengan perkataan profetik dan bernubuat atas setiap permohonan kita. Dengan iman, percayalah kita sudah menerima jawaban meskipun hal itu belum terjadi. Sebab sesungguhnya, dalam alam roh nubuatan kita sedang bekerja, dan Tuhan akan bertindak, sehingga apa yang kita nubuatkan pun terjadi. Demikianlah kita semua dapat hidup dalam kegerakan Allah yang dahsyat. Amin.

RENUNGAN
Doa TIDAK BOLEH PASIF, dengan BERNUBUAT kita MENGIMANI sesuatu sebelum hal itu terjadi dan BEKERJA DALAM ROH

APLIKASI
1. Bagaimanakah sikap doa Anda selama ini, masih pasif atau sudah aktif? Mengapa menurut Anda demikian?
2. Mengapa Anda perlu berdoa dengan aktif?
3. Bagaimana Anda dapat mengubah cara Anda berdoa menjadi lebih aktif lagi dari hari ke hari?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk kuasa dan pengurapan yang telah Engkau curahkan kepada kami. Kami tidak ingin lagi berdoa dan menanti dengan pasif, tetapi kami ingin berdoa dengan aktif. Kobarkanlah roh doa-Mu dalam hati kami, ya Tuhan, agar kami boleh bernubuat dalam tuntunan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Source https://gbika.org/site/berdoa-secara-aktif/

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.