Allah atas gunung permasalahan kita

Allah atas gunung permasalahan kita

BACAAN HARI INI
Keluaran 7:1-13

RHEMA HARI INI
Keluaran 7:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.

Grant Taylor melatih American Football di sebuah sekolah yang dipandang sebelah mata. Selama enam tahun menjadi pelatih “The Eagles”, belum pernah sekali pun kemenangan dituai. Ditambah lagi pemain andalannya keluar dari tim dan ia terancam dipecat. Tentu saja, Taylor sempat merasa putus asa dan kecewa. Namun, di tengah keputusasaannya, ia diingatkan seorang penginjil untuk tetap percaya Tuhan. Ia pun bertekad membangun kembali timnya. Dimulai dengan berdoa dan meperkatakan kata-kata positif yang selalu menyemangati pemain-pemainnya, sampai akhirnya ia berhasil membawa The Eagles menjadi juara. Itulah sekelumit kisah dalam film “Facing the Giants”.

Musa pun pernah mengalami masalah ketika hendak membawa Israel keluar dari Mesir. Awalnya, Musa merasa tidak mampu dan ragu-ragu, tetapi Tuhan mengingatkan bahwa Dia sudah mengangkat Musa menjadi “Allah” bagi Firaun. Artinya, bukan lagi Firaun yang berkuasa, tetapi Musa yang berkuasa penuh atas Firaun. Begitu juga saat Musa berkata-kata dan bernubuat atas Mesir dan Firaun, banyak tanda-tanda mujizat yang timbul. Meski Firaun dan orang Mesir tetap mengeraskan hati, pada akhirnya tangan Tuhan menekan bangsa itu, sehingga mau tidak mau Firaun menuruti perkataan Musa dan mengizinkan bangsa Israel keluar dari Mesir.

Mungkin saat ini kita sedang menghadapi Firaun, “the giants”, masalah besar dalam hidup kita. Besar kecil, berat ringannya masalah itu, tergantung dari sikap hati kita masing-masing. Seperti Musa, Tuhan juga mengangkat hidup kita sebagai “Allah” atas permasalahan kita. Sebagai Tuhan atau tuan, kita berhak berkata-kata dan memerintahkan yang di bawah kita untuk melakukan sesuatu. Kita adalah tuan atas sakit-penyakit, kegagalan, maupun hutang piutang kita. Bukan kita yang diperhamba mereka, tetapi sebaliknya, saat Roh Allah ada dalam diri kita, maka mereka yang jadi hamba kita. Oleh karena itu, mulai praktikkan deklarasi profetik, berkata-kata dan perintahkanlah setiap gunung permasalahan untuk pergi. Percayalah, kegerakan Allah yang dahsyat pun akan melanda hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
MELALUI PERKATAAN kita, Tuhan sudah MENETAPKAN kita menjadi “ALLAH” atas setiap GUNUNG PERMASALAHAN kita

APLIKASI
1. Apakah gunung permasalahan yang sedang Anda hadapi saat ini? Sebutkan!
2. Apakah Anda sudah bisa menjadi “Allah” melalui perkataan Anda atas setiap gunung permasalahan Anda? Mengapa?
3. Bagaimana Anda menjadi “Allah” terhadap gunung permasalahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau sudah mengangkat kami menjadi ‘Allah’ atas pemasalahan kami. Kami percaya setiap perkataan kami penuh kuasa saat itu sesuai dengan firman-Mu. Ajarkan kami selalu berkata dengan penuh iman, sehingga kami menang atas masalah-masalah kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.