Bangkit menjadi pahlawan Tuhan

Bangkit menjadi pahlawan Tuhan

BACAAN HARI INI
Yesaya 61:1-11

RHEMA HARI INI
Yesaya 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

Sejak proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17 Agustus 1945, kita telah dinyatakan merdeka dan hidup di alam kemerdekaan. Namun, benarkah kita sungguh-sungguh telah merdeka? Secara jasmani dan hukum kita memang telah merdeka, tetapi ternyata banyak di antara kita yang masih menjadi tawanan. Ditangkap dan ditahan. Kalah berperang. Kalah dari berbagai pencobaan, hingga akhirnya menjadi tawanan iblis. Kita ingin sekali berubah, tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Ingin bertobat tetapi tidak mampu melawan kedagingan kita sendiri. Mungkin kita terbelenggu oleh hal yang berbeda, bisa jadi itu adalah karena narkoba, kepahitan, pornografi, tipu daya kekayaan, ilmu sihir, ketakutan, dan rasa bersalah. Namun kita semua memiliki satu kesamaan. Kita semua tidak berdaya untuk melepaskan diri, sampai ada orang yang datang untuk membebaskannya.

Ya, harus ada seseorang yang datang untuk memberitakan tentang kebebasan sejati dalam Kristus Yesus. Harus ada seseorang yang bangkit menjadi pahlawan untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin dan sengsara, baik secara rohani maupun jasmani. Membawa penghiburan dan kelepasan bagi orang-orang yang tertindas, bagi yang menderita, yang patah semangat, dan yang remuk hatinya.

Satu hal yang tidak disadari banyak anak Tuhan: seperti Tuhan telah melepaskan kita dari segala ikatan dalam hidup kita, Dia ingin kita bergerak untuk melepaskan orang-orang yang terbelenggu. Sadarilah, Tuhan telah mengurapi kita dengan roh Kudus, untuk bangkit menjadi pahlawan yang membawa kebebasan bagi umat-Nya dan menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang. Tuhan mau setiap kita sungguh-sungguh dipenuhi oleh Roh Kudus. Bukan saja sebagai tanda bahwa kita telah dilantik dan ditugaskan untuk melakukan pekerjaan Tuhan, tetapi juga memampukan kita melakukan tugas-tugas yang dipercayakan-Nya kepada kita. Hari ini juga, bangkit dan mulailah bertindak sebagai pahlawan. Dengan urapan Roh Kudus, kita akan menjadi alat-alat yang efektif untuk melakukan perkara-perkara yang luar biasa bagi Yesus. (PF)

RENUNGAN
Tuhan ingin kita BANGKIT menjadi pahlawan-Nya untuk MEMBEBASKAN para tawanan dan MENYELAMATKAN jiwa-jiwa yang terhilang

APLIKASI
1. Apakah ada di sekitar Anda orang-orang yang sedang tertawan dan sangat merindukan kelepasan? Coba pikirkan siapa saja mereka.
2. Apa yang bisa Anda lakukan untuk mereka?
3. Bagaimana supaya Anda terus ada dalam pengurapan Roh Kudus dan bangkit menjadi pahlawan-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, Roh-Mu ada pada kami oleh karena Engkau telah mengurapi kami. Dengan kuasa Roh-Mu, kami akan bangkit, menyampaikan kabar baik dari-Mu, menghibur, menguatkan dan memberitakan kebebasan pada mereka yang tertawan. Membawa kembali kepada-Mu jiwa-jiwa yang terhilang. Biarlah urapan roh Kudus-Mu selalu tercurah atas kami, memberi kemampuan dan kekuatan pada kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.