Mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh

Mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh

BACAAN HARI INI
Markus 12:28-34

RHEMA HARI INI
Markus 12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Merenungkan firman Tuhan sehari tiga pasal adalah keputusan Jefta sejak ia mengambil komitmen untuk lebih sungguh lagi mengikut Yesus. Sebelumnya ia punya kebiasaan bangun jam enam pagi. Menaikkan doa permohonan supaya diberkati dan dilindungi Tuhan, lalu bersiap-siap berangkat sekolah. Namun, semenjak mengambil komitmen untuk lebih intim dengan Tuhan, ia mulai melatih dirinya untuk bangun dua jam lebih awal. Sekolah, ekstrakurikuler sepak bola, dan kursus, benar-benar menguras waktu Jefta. Namun, komitmennya untuk mengutamakan Tuhan membuat hati Tuhan tersentuh. Setelah beberapa bulan menjalankan komitmennya, Jefta merasakan sesuatu yang berbeda. Bangun lebih pagi bukannya membuat ia jadi loyo, tetapi ia justru merasa lebih bergairah dan menyala-nyala. Bahkan prestasinya meningkat dibanding sebelumnya, terutama di bidang sepak bola. Promosi demi promosi pun mulai menghampirinya.

Umumnya, sebagian besar anak-anak Tuhan masih menjalani kehidupan sebagai manusia lama. Sekolah atau bekerja adalah prioritas utama dalam hidup kita. Kita tidak lagi punya waktu untuk bersekutu intim dengan Tuhan. Bagi kita waktu adalah uang, sehingga harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk mengejar segala sesuatu yang mendatangkan berkat atau keuntungan.

Berbeda halnya dengan Jefta, sebagai anak Tuhan, hidup sebagai manusia baru yang mengejar perkara-perkara ilahi adalah lebih penting daripada semua berkat dunia. Mengorbankan jam tidur baginya tidak sebanding dengan pengorbanan yang telah Tuhan berikan. Ia menyadari pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib adalah hal paling berharga yang pernah ia terima seumur hidupnya. Oleh karena itu, ia rindu bisa memberikan hidupnya untuk menyenangkan hati Tuhan, mengasihi Tuhan secara mendalam dengan segenap hati, segenap jiwa, dan segenap kekuatan. Firman Tuhan berkata, carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya akan ditambahkan. Jadi, jangan hanya mengejar berkat dari Tuhan, tetapi kejarlah kasih, kejarlah perkenanan Tuhan, maka kita pun akan mengalami kasih Tuhan lebih dalam lagi.

RENUNGAN
Jangan hanya MENGEJAR BERKAT dari Tuhan, KASIHILAH TUHAN dengan segenap HATI, segenap JIWA, dan segenap KEKUATAN kita.

APLIKASI
1. Menurut Anda, manakah yang lebih penting dan yang terutama, belajar dan bekerja terlebih dahulu dan sisa waktu yang ada baru cari Tuhan, atau cari Tuhan terlebih dahulu, baru belajar dan bekerja?
2. Apa dampak atau keuntungan yang akan Anda terima ketika Anda mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya?
3. Bagaimana Anda dapat menerapkan kebiasaan untuk mencari Tuhan terlebih dahulu dibandingkan yang lainnya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas cinta-Mu yang mendalam bagi kami. Bukakan mata rohani kami lebih lagi, sehingga kami dapat melihat dan menyelami betapa panjang, lebar, dan dalamnya cinta-Mu. Agar kami dapat membalas cinta-Mu dan melayani Engkau dengan segenap hati, segenap jiwa, dan segenap kekuatan, dan menyatu dalam kedalaman cinta-Mu lebih dan lebih lagi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.